5 Tips Puasa Bagi Penderita Asam Lambung, Jangan Lewatkan Sahur

Sabtu, 01 April 2023 - 14:05 WIB
loading...
5 Tips Puasa Bagi Penderita Asam Lambung, Jangan Lewatkan Sahur
Ada tips puasa bagi penderita asam lambung. Beberapa orang beranggapan tidak makan tidak menyebabkan asam lambung, namun banyak orang mengalami tidak nyaman. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Ada lima tips puasa bagi penderita asam lambung . Beberapa orang beranggapan tidak makan tidak menyebabkan asam lambung, namun faktanya banyak orang mengalami kondisi tidak nyaman ini saat puasa.

Tidak diragukan lagi bahwa puasa memiliki banyak manfaat, baik spiritual maupun fisik. Namun satu efek samping yang ditimbulkan adalah mengubah keseimbangan asam di perut.

"Bila tidak ada isi atau makanan di perut untuk dipecah, seperti saat berpuasa, kadar asam lambung bisa mulai meningkat. Ini dapat menyebabkan penumpukan asam berbahaya yang dapat menyebabkan nyeri epigastrium, mulas dan regurgitasi asam ke kerongkongan," kata ahli gastroenterologi dari Institut Gastroenterologi California Selatan di Beverly Hills Peyton Berookim, MD.

Tips Puasa Bagi Penderita Asam Lambung



Namun, bukan berarti penderita asam lambung tidak bisa berpuasa. Dengan beberapa tips yang tepat, Anda bisa menjalankan ibadah ini selama bulan Ramadan. Berikut tips puasa bagi penderita asam lambung dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (1/4/2023).



1. Hindari Makanan dan Minuman Pemicu


Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah asupan yang akan dikonsumsi saat sahur dan berbuka. Agar tetap aman, pastikan menghindari makanan dan minuman pemicu kambuhnya asam lambung.

Di antaranya adalah makanan pedas, hingga minuman asam dan berkafein. Pastikan Anda menghindari atau mengurangi porsinya agar lambung tetap aman saat puasa.

2. Jangan Makan Terburu-buru


Kemudian, hindari makan terburu-buru baik saat sahur maupun berbuka. Tak dapat dipungkiri, makan di bulan Ramadan khususnya saat sahur sering kali dikejar waktu. Namun, usahakan untuk makan dalam kondisi tenang dan tidak terburu-buru.

Makan terburu-buru dapat menyebabkan udara masuk ke saluran pencernaan dan memicu asam lambung naik. Untuk itu, Anda tetap perlu tenang dan menjaga cara makan agar tetap aman saat berpuasa.



3. Tidak Makan dalam Porsi Besar


Penderita asam lambung memang harus mengonsumsi asupan yang cukup. Namun, bukan berarti Anda harus makan dalam porsi yang besar.

Mengonsumsi banyak makanan sekaligus dapat memicu asam lambung naik. Karenanya, usahakan untuk mengonsumsi makanan dalam porsi yang kecil, namun sering untuk menjaga agar asam lambung tidak kambuh.

4. Minum Air yang Cukup


Mengonsumsi air putih yang cukup memiliki banyak manfaat saat puasa. Perbanyak minum air putih saat sahur dan buka puasa, minimal delapan gelas sehari.

Minum air sebelum tidur memungkinkan tubuh dapat menyesuaikan kadar cairan untuk hari berikutnya.


5. Tidak Melewati Makan Sahur


Satu lagi tips berpuasa bagi penderita asam lambung adalah tidak melewati makan sahur. Banyak orang merasa sanggup berpuasa seharian tanpa makan sahur terlebih dahulu.

Namun, tidak dianjurkan untuk penderita asam lambung. Melewatkan makan sahur hanya akan memperparah kondisi di siang hari dan membuat puasa tidak lancar.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2158 seconds (0.1#10.140)