American Music Awards 2020 Siap Digelar 22 November

Minggu, 19 Juli 2020 - 23:25 WIB
loading...
American Music Awards 2020 Siap Digelar 22 November
Sejumlah pengisi acara di ajang American Music Awards tahun lalu. Foto/Kevin Mazur/Getty Images
A A A
JAKARTA - Stasiun TV ABC bersama Dick Clark Productions mengumumkan bahwa American Music Awards (AMA) 2020 bakal dikembalikan ke jadwal semula yakni pada Minggu terakhir di bulan November, tepatnya tanggal 22. Hanya, soal format acara maupun kemungkinan dihadirkannya penonton secara langsung di venue belum bisa dipastikan.

Laman Variety pada Sabtu (18/7) kemarin melaporkan bahwa daftar nominasi ajang penghargaan musik tersebut bakal diumumkan pada Oktober mendatang. Pemilihan nominator didasarkan pada pola penilaian kunci seperti penjualan album dan lagu secara digital, pemutaran di stasiun radio, streaming, aktivitas sosial, dan touring. Penilaian itu dilakukan oleh Nielsen Music/MRC Data dan Next Big Sound. ( )

Ajang AMA tahun lalu, yang menobatkan Taylor Swift sebagai artist of the year, menjadi salah satu program dengan rating tertinggi, di mana jumlah penonton yang menyaksikannya mencapai 6,7 juta. Kesuksesan itu menjadikan ABC sebagai stasiun dengan audiens hiburan dewasa berusia 18-49 tahun terbesar pada tayangan hari Minggu malam, menggeser posisi ajang Oscar di tahun yang sama sembilan bulan sebelumnya.

Acara tahun lalu menempatkan pemenang antara lain Billie Eilish sebagai new artist, BTS untuk kategori tour of the year, Khalid untuk kategori favorite male artist, dan lagi-lagi Taylor Swift yang juga menerima piala untuk kategori favorite album pop/rock untuk album “Lover.” Taylor juga dinobatkan sebagai artist of the decade dalam gelaran AMA tahun lalu.

AMA merupakan ajang penghargaan musik untuk beragam genre yaitu Pop/Rock, Alternative Rock, Country, Rap/Hip-Hop, Soul/R&B, Adult Contemporary, Contemporary Inspirational, Latin, EDM, dan Soundtrack, di samping juga penghargaan untuk New Artist of the Year, Collaboration of the Year, Video of the Year, Favorite Song, serta Artist of the Year.

Sejauh ini Taylor Swift merupakan musisi dengan perolehan piala AMA terbanyak, di mana prestasinya itu telah mengungguli Michael Jackson. Taylor sudah mengumpulkan 24 piala AMA, sementara mendiang Michael Jackson "hanya" 23 piala. ( )

American Music Awards 2020 direncanakan tayang pada Minggu malam tanggal 22 November mendatang di stasiun TV ABC.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2216 seconds (0.1#10.140)