Tips Menjaga Tubuh Tetap Prima dan Tidak Gagal Fokus saat Puasa

Rabu, 05 April 2023 - 18:37 WIB
loading...
Tips Menjaga Tubuh Tetap Prima dan Tidak Gagal Fokus saat Puasa
Kebanyakan orang cenderung kurang mengatur pola hidup selama menjalani puasa, mulai dari waktu tidur, hingga menu dan pola makan sembarangan. / Foto: ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Umat muslim harus menahan haus dan lapar ketika menjalani puasa . Terkadang, tubuh jadi kurang fokus, karena antara badan dan pikiran tidak selaras.

Kendati demikian, kondisi seperti itu dapat diantisipasi. Hal tersebut sebagaimana diungkapkan dokter saraf, dr. Fatimah Pitaloka.

"Menjalankan puasa tidak hanya soal mempersiapkan mental dan spiritual, tetapi juga menjaga kesehatan tubuh agar tetap prima," kata dr. Fatimah dalam diskusi bertema Badan & Pikiran Nggak Sinkron saat Ramadan? yang digelar Pharmaton dan Guardian secara daring, dikutip Rabu (5/4/2023).



Menurutnya, kebanyakan orang cenderung kurang mengatur pola hidup selama menjalani puasa. Dari masalah waktu tidur, hingga menu dan pola makan sembarangan.

"Kondisi ini kalau terus menerus dilakukan, bisa mengakibatkan kelelahan mental dan fisik. Karena asupan makanan kita yang kurang, menyebabkan metabolisme kurang bagus," ungkapnya.

Selain itu, tubuh juga terus dibuat melakukan beragam aktivitas saat berpuasa, sehingga stamina menjadi mudah turun. "Akibatnya badan dan pikiran menjadi enggak sinkron," lanjut dr. Fatimah.

Dalam hal ini, dr. Fatimah memberikan beberapa tips yang perlu dilakukan agar seseorang bisa lebih fokus, bertenaga dan membuat badan serta pikiran menjadi sinkron saat berpuasa. Berikut beberapa tips tersebut.

1. Menu Makanan yang Seimbang

Untuk yang pertama, dr. Fatimah menyarankan untuk mencoba menu makanan yang lebih seimbang "Berbuka perlahan dengan menu yang tidak memberatkan seperti kurma dan teh, lalu hindari makanan berminyak, baru dilanjut makan malam," kata dia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1684 seconds (0.1#10.140)