Kandungan Minyak Bintang Ibu Ida Dayak, dari Rempah hingga Kaki Burung Patah

Kamis, 06 April 2023 - 15:20 WIB
loading...
Kandungan Minyak Bintang Ibu Ida Dayak, dari Rempah hingga Kaki Burung Patah
Minyak Bintang Ibu Ida Dayak yang kerap kali digunakan saat mengobati pasien ini sukses buat masyarakat penasaran akan kandungannya. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Minyak Bintang Ibu Ida Dayak yang kerap kali digunakan saat mengobati pasien ini sukses buat masyarakat penasaran akan kandungannya. Bahkan minyak inilah yang harus dibeli oleh pasien ketika berobat pada Ibu Ida Dayak.

Viralnya Ida Dayak yang mampu menyembuhkan banyak orang yang mengalami patah tulang ini mengangkat kembali kearifan lokal Indonesia yang begitu beragam.

Tidak hanya dari cara memijat yang punya ciri khas, Ibu Ida Dayak juga menggunakan minyak urut khusus yang selalu menemaninya ketika mengobati pasien. Hal ini membuat kepopuleran minyak urut tersebut meroket hingga mulai banyak yang mencari dan membelinya.


Kandungan Minyak Bintang Ibu Ida Dayak

Minyak Ibu Ida Dayak bernama Minyak Bintang telah lama dikenal sebagai ramuan pijat yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit, mulai dari masuk angin hingga nyeri otot.

Terdapat banyak mitos yang bermunculan terkait minyak merah ini, di antaranya adalah dapat menyembuhkan orang yang sudah sekarat hingga menghidupkan orang mati.

Karena mitos itu dan kemampuan minyak ibu Ida Dayak yang dapat menyembuhkan pasien dalam sekejap, membuat banyak orang penasaran akan kandungan minyak oles tersebut.



Kandungan atau komposisi dari Minyak Bintang Dayak ini rupanya cukup beragam. Mulai dari akar supa serey, palawija, batang sirih, dan seluang belong.

Selain bahan-bahan yang telah disebutkan itu, ada juga kandungan minyak yang menggunakan ginseng hutan, akar supa, akar paku atei, hingga sere.

Ada pula minyak bintang yang terbuat dari bawang yang tumbuh di hutan Kalimantan. Minyak ini banyak digunakan oleh suku Dayak pedalaman untuk pengobatan sehari-hari.

Intinya kandungan minyak Ibu Ida Dayak ini terdiri dari berbagai macam rempah dan akar-akaran yang tumbuh di Pulau Kalimantan.

Jika berdasar pada mitos dan legenda, maka bahan pembuatan minyak ini tidak jauh dari bahan-bahan mengerikan. Seperti dari otak musuh yang telah dikalahkan, atau dari kaki burung yang patah.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1573 seconds (0.1#10.140)