6 Rekomendasi Makanan Khas Kamboja, Lezat Kaya Rempah

Jum'at, 07 April 2023 - 14:41 WIB
loading...
A A A

4. Samlar Machu

6 Rekomendasi Makanan Khas Kamboja, Lezat Kaya Rempah

Foto/Freepik

Samlar machu dibuat dari daging, ikan, atau makanan laut dan sayuran yang dimasak dengan kuah kaldu asam. Sayuran dan rempah-rempah lokal musiman yang digunakan bisa berupa kangkung, bawang merah, daun bawang, tomat, daun jeruk purut, daun kemangi, daun ketumbar, dan serai. Ada juga versi yang menggunakan nanas.

Bahan utama lainnya dalam hidangan ini adalah pasta ikan yang difermentasi yang dikenal sebagai prahok, dan pasta rempah-rempah serta kroeung. Sementara bahan penyedap yang biasa digunakan adalah biji buah krasaing, asam jawa, atau perasan jeruk purut.

5. Kampot Pepper Crab

6 Rekomendasi Makanan Khas Kamboja, Lezat Kaya Rempah

Foto/Shutterstock

Provinsi Kampot di Kamboja terkenal dengan kepiting lada kampot di mana kepiting segar utuh digoreng dengan saus bawang putih dan diberi taburan merica hijau Kampot yang terkenal. Daging kepiting yang manis dilengkapi dengan bumbu dan kerenyahan merica, membuat hidangan ini sangat unik.

6. Pleah Sach Ko

6 Rekomendasi Makanan Khas Kamboja, Lezat Kaya Rempah

Foto/Shutterstock

Pleah sach ko biasanya dibuat dengan potongan daging sapi mentah tipis seukuran sekali gigit yang direndam terlebih dulu dengan air jeruk nipis, lalu disiram kuah kaldu bening yang terdiri dari air jeruk nipis, campuran sup ayam, kecap ikan, dan gula. Berbagai sayuran cincang dan rempah segar biasanya ditambahkan ke dalam hidangan ini.

Bahan-bahan yang biasa digunakan adalah terong hijau, bawang merah, bawang putih, lobak, paprika, paprika jalapeño, daun bawang, serta rempah-rempah yang baru dicincang seperti daun gergaji, serai, kemangi, daun mint, dan daun ketumbar. Di Kamboja, pleah sach ko biasanya disiapkan untuk pernikahan dan acara-acara perayaan serupa. MG/Dinda Annaf Salsabila
(tsa)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0907 seconds (0.1#10.140)