Punya Cita Rasa Khas, Kuliner Nusantara Selalu Bikin Kangen

Minggu, 09 April 2023 - 10:58 WIB
loading...
Punya Cita Rasa Khas, Kuliner Nusantara Selalu Bikin Kangen
Indonesia dikenal mempunyai banyak macam kuliner khas, dan seringkali dilakukan beragam cara agar bisa lebih mendunia. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Indonesia dikenal mempunyai banyak macam kuliner khas. Masyarakat Indonesia pun berupaya untuk melestarikan dan menduniakan kuliner nusantara.

Hal itu juga dilakukan banyak diaspora atau orang Indonesia yang berada di luar negeri. Mereka kerap memperkenalkan kekayaan kuliner khas Indonesia di negara yang tinggali, salah satunya diaspora yang ada di Belanda.

Karena sejarah, tidak sedikit warga Belanda yang sudah tidak dengan beragam makanan Indonesia. Jadi tidak mengherankan jika terdapat makanan Indonesia yang menjadi favorit orang Belanda, seperti sate sambal kacang.



Bahkan, menariknya, sambal kacang ini banyak dijadikan saus untuk berbagai makanan, termasuk Frietje sate atau kentang goreng saus sate.

Seorang diaspora di Eindhoven, Belanda, Detty Janssen merupakan salah satu yang memperkenalkan makanan Indonesia di negara Kincir Angin. Melalui platform JualanKu, Detty memperkenalkan masakan Indonesia yang autentik dengan spesialisasi nasi padang sejak 25 Juni 2018.

"Awalnya tidak pernah terpikir untuk buka usaha di Belanda, apalagi jualan nasi padang karena saya bukan orang Padang. Tapi karena kangen dengan makanan Indonesia dan susah sekali dapat yang sesuai rasa yang saya mau, akhirnya coba bikin sendiri di rumah," ungkap Detty Janssen, yang merupakan pemilik katering JualanKu, dalam keterangannya, baru-baru ini.

Detty juga menjadikan JualanKu sebagai wadah berekspresi guna membantunya menghadapi masalah mental illness, bipolar disorder yang dialaminya.

"Lewat memasak bisa terus fokus, mood terus bisa stabil. Begitu juga dengan waktunya, saya bisa bekerja dari rumah dan bisa melakukan semua yang dimau sendiri. Kalau lagi kecapekan, saya bisa libur. Kalau malas masak, libur dulu. Kalau lagi semangat, masak lagi. Jadi konsep usaha seperti ini sangat membantu saya menjalani hidup juga sebagai seorang dengan bipolar," jelas dia.

Punya Cita Rasa Khas, Kuliner Nusantara Selalu Bikin Kangen
(Foto: istimewa)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2899 seconds (0.1#10.140)