Berserat Tinggi, Buah dan Sayuran Ini Bisa Dikonsumsi Setiap Hari

Kamis, 13 April 2023 - 06:31 WIB
loading...
Berserat Tinggi, Buah dan Sayuran Ini Bisa Dikonsumsi Setiap Hari
Buah dan sayuran menjadi makanan berserat tinggi yang cenderung lebih rendah kalori. / Foto: ilustrasi/Live Science
A A A
JAKARTA - Tubuh manusia membutuhkan asupan serat guna memelihara usus. Academy of Nutrition and Dietetics menyarankan agar mengonsumsi sekitar 14 gram serat setiap 1.000 kalori yang dikonsumsi setiap hari.

Itu berarti sekitar 24 gram serat untuk wanita, dan 38 gram untuk pria.

Buah dan sayuran menjadi makanan berserat tinggi yang cenderung lebih rendah kalori. Selain itu, adanya serat dapat memperlambat pencernaan di perut untuk membantu Anda merasa kenyang lebih lama.



Sebagaimana dilansir laman kesehatan Health Line, berikut empat makanan berserat tinggi yang bisa dikonsumsi setiap hari.

1. Stroberi


Stroberi merupakan salah satu yang cukup banyak digemari, karena rasanya segar. Buah ini mengandung 3 gram dalam 1 cangkir stroberi segar, atau 2 gram per 100 gram.

Stroberi padat nutrisi serta mengandung banyak vitamin C, mangan, dan berbagai antioksidan kuat. Cobalah beberapa di smoothie stroberi yang dicampur dengan pisang.

2. Apel


Selanjutnya ada buah apel. Apel merupakan salah satu buah yang rasanya lezat, dan juga bisa mengenyangkan, serta tinggi akan serat.

Apel mengandung serat sebanyak 4,4 gram berukuran sedang, atau 2,4 gram per 100 gramnya. Anda bisa mengosnsumsinya sebagai salad.

3. Buncis


Sayuran yang kaya akan serat adalah buncis, jenis lain dari kacang-kacangan yang sarat dengan nutrisi, termasuk mineral dan protein.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1423 seconds (0.1#10.140)