5 Makanan yang Bantu Tingkatkan Fungsi Paru-Paru

Senin, 20 Juli 2020 - 20:30 WIB
loading...
5 Makanan yang Bantu Tingkatkan Fungsi Paru-Paru
Penelitian menunjukkan bahwa makan apel secara teratur dapat membantu meningkatkan fungsi paru-paru. Foto/Istock/Sarapulsar38
A A A
JAKARTA - Menjaga paru-paru tetap sehat sangat penting. Namun faktor-faktor umum, seperti paparan asap rokok, racun lingkungan, dan makan makanan penyebab radang, dapat merugikan organ penting ini. Terlebih bila ada kondisi umum seperti asma, penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), dan fibrosis paru, dapat secara signifikan memengaruhi kualitas hidup seseorang.

Meski demikian, penelitian telah menunjukkan bahwa modifikasi gaya hidup, termasuk mengikuti diet kaya nutrisi, dapat membantu melindungi paru-paru dan bahkan mengurangi kerusakan paru-paru ataupun gejala penyakit. Nutrisi dan makanan tertentu pun telah diidentifikasi sangat bermanfaat untuk membantu fungsi paru-paru. ( )

Berikut adalah lima makanan yang dapat membantu meningkatkan fungsi paru-paru seperti dikutip dari laman Healthline pada (20/7).

1. Bit
Tanaman bit mengandung senyawa yang mengoptimalkan fungsi paru-paru. Bit mengandung nitrat yang telah terbukti bermanfaat bagi fungsi paru-paru. Nitrat membantu mengendurkan pembuluh darah, mengurangi tekanan darah, dan mengoptimalkan pengambilan oksigen.

Suplemen bit telah terbukti meningkatkan kinerja fisik dan fungsi paru-paru pada orang dengan penyakit paru-paru, termasuk PPOK dan hipertensi paru, penyakit yang menyebabkan tekanan darah tinggi di paru-paru. Selain itu, bit hijau dikemas dengan magnesium, potasium, vitamin C, dan antioksidan karotenoid, yang semuanya penting untuk kesehatan paru-paru.

2. Paprika
Paprika adalah salah satu makanan kaya vitamin C, nutrisi yang larut dalam air yang bertindak sebagai antioksidan kuat di dalam tubuh. Mendapatkan cukup vitamin C sangat penting bagi mereka yang merokok. Faktanya, karena efek merusak dari asap rokok pada antioksidan tubuh Anda, disarankan bagi orang yang merokok mengonsumsi tambahan 35 mg vitamin C per hari.

Namun, banyak penelitian menunjukkan bahwa perokok dapat mengambil manfaat dari dosis vitamin C yang lebih tinggi dan bahwa perokok dengan asupan vitamin C tinggi memiliki fungsi paru-paru yang lebih baik daripada mereka yang memiliki asupan vitamin C lebih rendah.

Mengonsumsi satu paprika merah ukuran sedang atau 119 gram menghasilkan 169% dari asupan vitamin C yang direkomendasikan. ( )

3. Apel
Penelitian telah menunjukkan bahwa makan apel secara teratur dapat membantu meningkatkan fungsi paru-paru. Penelitian memperlihatkan asupan apel dikaitkan dengan penurunan fungsi paru yang lebih lambat pada mantan perokok. Selain itu, mengonsumsi lima atau lebih apel per minggu dikaitkan dengan fungsi paru-paru yang lebih besar dan penurunan risiko pengembangan COPD.

Asupan apel juga dikaitkan dengan risiko lebih rendah terkena asma dan kanker paru-paru. Ini mungkin karena konsentrasi antioksidan yang tinggi dalam apel, termasuk flavonoid dan vitamin C.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2508 seconds (0.1#10.140)