Jangan Salah Pilih, Ini Rekomendasi Tensi Digital Terbaik untuk Keluarga di Rumah

Jum'at, 14 April 2023 - 14:46 WIB
loading...
Jangan Salah Pilih, Ini Rekomendasi Tensi Digital Terbaik untuk Keluarga di Rumah
Rekomendasi tensi digital terbaik untuk keluarga di rumah. (Foto: dok Tokopedia)
A A A
JAKARTA - Mengukur tekanan darah kerap kali dibutuhkan anggota keluarga dalam situasi tertentu. Aktivitas ini dapat lebih praktis dilakukan jika memiliki alat tensi digital. Namun, bagaimana cara memilih alat tensi digital terbaik?

Jika dibandingkan dengan alat tensi konvensional, tensi digital tentu jauh lebih modern dan menawarkan fitur tertentu sehingga mengukur tekanan darah terasa lebih praktis. Terlebih, harganya dinilai tak terlalu mahal, sehingga banyak keluarga yang memilih untuk memiliki alat ini di rumah.

Tensi digital merupakan alat yang digunakan untuk mengukur tekanan darah secara digital. Alat ini biasanya terdiri dari unit monitor digital yang menunjukkan tekanan sistolik pada baris pertama dan diastolik yang ditunjukkan pada baris dua.

Untuk menggunakannya, dapat melilitkan manset ke lengan, lalu menekan tombol pengecekan tensi. Manset kemudian akan menekan lengan dalam beberapa detik hingga layar tensi digital menampilkan besar tekanan darah sistolik dan diastolik. Setelah indikator tekanan darah terlihat di layar, perlahan manset akan mengempis dengan sendirinya.

Anda juga dapat melakukan beberapa langkah berikut untuk memaksimalkan penggunaan tensi digital, lho. Saat mengukur tekanan darah, usahakan untuk menopang lengan, posisi lengan atas sebaiknya setinggi jantung. Sementara kaki berada di lantai dengan posisi tidak disilangkan.

Usahakan untuk tidak mengukur tekanan darah saat sedang stres, sedang mengonsumsi kafein dan produk tembakau dalam 30 menit terakhir, atau baru saja berolahraga. Lalu, ukur dan catat tekanan darah secara rutin setiap harinya dan diskusikan hasil tersebut dengan dokter ketika melakukan kontrol rutin di rumah sakit.

Lantas, bagaimana cara memilih tensi digital terbaik untuk digunakan keluarga di rumah? Meski sudah tidak asing dengan tensi digital, Anda tetap harus memilih tensi digital yang tepat dan befungsi dengan baik agar dapat digunakan dengan maksimal. Beberapa rekomendasi merek tensi digital di antaranya, yaitu Omron dan Onemed.

Jangan Salah Pilih, Ini Rekomendasi Tensi Digital Terbaik untuk Keluarga di Rumah

Tensimeter Omron. (Foto: dok Tokopedia)

Tensi digital milik Omron atau yang lebih karib dikenal dengan tensimeter Omron ini merupakan salah satu tensi digital yang memiliki fitur lengkap. Tak hanya mengukur tekanan darah, Omron menyediakan fitur untuk menampilkan ritme detak jantung. Salah satu seri tensimeter Omron yang cukup dikenal adalah tipe HEM-7121.

Alat ini dinilai lebih akurat karena memiliki indikator yang akan menyala jika tubuh bergerak selama pengukuran tensi berlangsung. Namun, Omron juga memiliki seri tensi digital lainnya dengan fitur yang cukup beragam, lho. Harga tensimeter Omron pun dibanderol Rp450.000 hingga Rp750.000.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1267 seconds (0.1#10.140)