Ini Pentingnya Partitionless Space di Kulkas, Lebih Luas Lebih Fresh

Jum'at, 21 April 2023 - 15:24 WIB
loading...
Ini Pentingnya Partitionless Space di Kulkas, Lebih Luas Lebih Fresh
(Foto: Freepik)
A A A
JAKARTA - Ramadhan selalu menjadi momen menarik untuk berkumpul bersama segenap keluarga. Terutama saat berbuka puasa, menikmati berbagai hidangan pelepas lapar dan dahaga. Berbuka puasa bersama memang lebih nikmat dan mengandung lebih banyak berkat ketimbang berbuka sendirian.

Agar berbuka puasa bersama segenap keluarga lebih seru dan menyenangkan, pastinya kita perlu menyiapkan bukan sekadar hidangan yang lezat dan bergizi, tapi juga segar. Nah, membuat hidangan tetap segar lebih lama nyatanya tidak semua orang tahu tipsnya.

Hidangan yang segar tentu terbuat dari bahan-bahan makanan yang juga segar. Karena itu kita memerlukan kulkas yang berkualitas untuk menyimpan bahan-bahan makanan tetap segar saat digunakan. Bukan hanya kulkas tapi juga teknik teknik menyimpan bahan makanan di dalam kulkas dengan baik juga perlu diperhatikan.

Maklum sebagian besar keluarga biasanya melakukan belanja bulanan demi penghematan, termasuk belanja bahan-bahan makanan. Artinya, bahan-bahan makanan harus disimpan di dalam kulkas dengan baik agar segar lebih lama serta cita rasa yang tetap terjaga. Berikut ini tips menyimpan bahan makanan di dalam kulkas agar segar lebih lama.

Hindari mencampur beragam jenis bahan makanan dalam satu rak
Tentunya ada banyak jenis bahan makanan, dan setiap jenis makanan memiliki karakteristik yang berbeda. Karena itu hindari mencampur bahan-bahan makanan berbeda. Daging dan ikan mentah pastinya tidak dicampur dengan makanan setengah matang atau buah dan sayur.

Letakkan jenis daging dan ikan mentah di rak paling bawah guna mencegah air yang keluar dari daging bocor ke makanan lain. Sebab kalau hal itu terjadi, akan merusak cita rasa makanan yang terkena kucuran air dari daging mentah maupun ikan tersebut.

Perhatikan suhu pendingin kulkas
Kulkas memiliki pengaturan suhu yang dapat disetel untuk mendapatkan suhu yang tepat untuk jenis makanan yang tepat. Fungsi pendingin pada kulkas adalah untuk memperlambat perkembangbiakan bakteri yang bisa membuat makanan cepat basi.

Jadi, setel suhu kulkas secara optimal. Untuk hal ini jangan khawatir, karena pada setelan pabriknya setiap kulkas sudah menetapkan suhu optimal tersendiri supaya makanan dan minuman tetap terjaga.

Biasanya suhu optimal pendinginan kulkas adalah pada 4 derajat Celcius. Sementara untuk freezer akan bekerja paling optimalnya pada suhu -18 derajat Celcius.

Gunakan wadah yang tepat
Jangan lupa untuk memperhatikan wadah yang digunakan. Betul, wadah yang tepat dapat mempengaruhi masa kadaluarsa makanan. Tidak dianjurkan menyimpan makanan dalam wadah yang terlalu besar atau terlalu kecil.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2503 seconds (0.1#10.140)