Cara Menurunkan Berat Badan usai Lebaran, Tubuh Kembali Bugar

Minggu, 23 April 2023 - 16:39 WIB
loading...
Cara Menurunkan Berat Badan usai Lebaran, Tubuh Kembali Bugar
Ada beberapa cara menurunkan berat badan usai Lebaran. Langkah ini bisa membantu tubuh kembali bugar setelah Idul Fitri dengan mengonsumsi makanan berlemak. Foto/Prevention
A A A
JAKARTA - Ada beberapa cara menurunkan berat badan usai Lebaran . Langkah ini bisa membantu tubuh kembali bugar setelah menggelar perayaan Idul Fitri dengan mengonsumsi makanan berlemak, bersantan dan berminyak.

Belum lagi aneka kue kering dan minuman manis terjadi saat Lebaran . Jika makanan tersebut dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan, bisa menyebabkan berat badan naik hingga berbagai macam penyakit lainnya.

Penting untuk menjaga berat badan agar tubuh tetap sehat dan bugar. Berikut cara menurunkan berat badan usai Lebaran dilansir dari Times of India, Minggu (23/4/2023).

Cara Menurunkan Berat Badan usai Lebaran





1. Minum Air Putih


Jika Anda mencoba memantau pola makan, dianjurkan untuk minum dua gelas air sebelum Anda duduk untuk makan karena mengurangi asupan makanan dan juga mengurangi keinginan untuk mengidam. Selain itu, ketika tubuh Anda terhidrasi, pengeluaran energi saat istirahat meningkat yang berarti Anda membakar kalori lebih cepat.

2. Berlatih Makan Perlahan


Ini sangat penting jika Anda mengonsumsi makanan yang mengandung minyak dan gula selama Lebaran. Pastikan untuk berlatih menahan diri dan makan perlahan. Ini akan membantu Anda mengenali sinyal tubuh ketika Anda mulai merasa kenyang. Perhatikan sinyal-sinyal ini dan jangan makan berlebihan setelah merasa kenyang.



3. Kontrol Porsi Makan


Setelah puasa selama sebulan, tubuh beradaptasi dengan jadwal puasa dan memanjakan diri dengan makanan tinggi garam dan sarat lemak bukan ide yang bijak. Alternatifnya, seseorang harus mulai mengonsumsi makanan dalam porsi yang lebih kecil dan mengurangi interval antara waktu makan. Jika Anda ingin menjaga berat badan, mulailah makan buah dan sayuran segar sebelum mengonsumsi makanan ringan berkalori tinggi.

4. Berjalan selama 30 Menit Setiap Hari


Selain memperhatikan apa yang Anda makan, penting juga untuk bangun dan bergerak. Berjalan selama 30 menit setiap hari juga akan bermanfaat untuk menjaga berat badan. Seseorang juga dapat berjalan sambil berbicara untuk tetap aktif sepanjang hari. Setelah itu, Anda bisa secara bertahap melakukan latihan kardio seperti lari dan lompat tali ke dalam rutinitas Anda.



5. Pantau Siklus Tidur


Jika Anda kurang tidur dan merasa kurang tidur sepanjang hari, hal itu juga dapat memengaruhi perjalanan penurunan berat badan Anda. Berbagai penelitian mengaitkan kebiasaan tidur yang buruk dengan peningkatan obesitas pada anak-anak dan orang dewasa. Jadi, pastikan Anda tidur tepat waktu setiap malam dan matikan perangkat elektronik Anda satu jam sebelum tidur.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1358 seconds (0.1#10.140)