Khawatir Berat Badan Naik setelah Lebaran? Begini Cara Menjaganya Agar Tetap Ideal

Senin, 24 April 2023 - 07:35 WIB
loading...
Khawatir Berat Badan Naik setelah Lebaran? Begini Cara Menjaganya Agar Tetap Ideal
Untuk mengatasi kelebihan berat badan saat lebaran tiba, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar mendapatkan bentuk tubuh yang tetap ideal dan tidak terjadi obesitas. Foto/Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Hari raya Idul Fitri atau lebaran biasanya tersedia aneka hidangan makanan dan minuman, kemudian disantap saat berkumpul bersama keluarga. Mulai dari ketupat, rendang, opor ayam, sambal goreng kentang, semur, dan lainnya merupakan hidangan yang lezat juga nikmat.

Tapi kadang kala sebagian orang malah lupa diri. Dikarenakan makan makanan enak tak terkontrol, berat badan hingga kondisi tubuh malah menjadi tidak baik-baik saja.

Untuk mengatasi kelebihan berat badan saat lebaran tiba, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar mendapatkan bentuk tubuh yang tetap ideal dan tidak terjadi obesitas. Berikut cara menjaganya seperti dilansir dari laman The Healthy Muslims.

Minum Air yang Banyak

Menjaga tetap terhidrasi dengan minum banyak air putih adalah salah satu cara untuk menetralisir tubuh. Serta bisa menyeimbangkan asupan makanan yang masuk, terlebih saat lebaran berbagai masakan berlemak.



Ditambah lagi selama puasa kemungkinan Anda kekurangan cairan, karena kurangnya asupan minum ke dalam tubuh. Maka jangan sampai melewatkan minum air putih yang cukup setiap harinya.

Dikutip dari laman STIKES Banyuwangi, manfaat air putih menjaga kadar cairan tubuh. Sehingga tubuh tidak mengalami gangguan pada fungsi pencernaan dan penyerapan makanan, sirkulasi, ginjal, dan penting dalam mempertahankan suhu tubuh yang normal.

Air putih juga bisa membantu mengendalikan asupan kalori pada tubuh Anda. Minum air putih jauh lebih baik dalam mencegah peningkatan berat badan, dibandingkan minuman yang mengandung tinggi kalori.

Makan Makanan Berserat

Kebanyakan orang tidak cukup makan sayuran dalam sehari. Apalagi saat satu bulan lamanya berpuasa, rata-rata kelebihan gula seperti berbuka puasa dengan yang manis-manis atau makan-makanan berlemak yang membuat tubuh jadi kekurangan serat.

Oleh karena itu memperbanyak makan sayuran dan buah-buahan sangatlah dianjurkan. Sehingga tubuh Anda tidak lagi kekurangan serat, pencernaan lancar, hingga tubuh tetap ideal pasca puasa dan lebaran.

Olahraga

Menikmati makan makanan mengandung lemak dan gula memang cukup menggoda. Selain memperbanyak minum air putih dan mengonsumsi serat, Anda juga jangan lupa menggerakkan tubuh dengan cara berolahraga.

Ketika waktu-waktu senggang Anda bisa menggunakannya untuk menggerakkan tubuh dengan cara berolahraga. Seperti jogging, bersepeda hingga meditasi atau yoga di alam terbuka.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1843 seconds (0.1#10.140)