Alami Dehidrasi Akibat Cuaca Panas? Ini Daftar Minuman yang Wajib Dikonsumsi

Selasa, 25 April 2023 - 15:05 WIB
loading...
Alami Dehidrasi Akibat Cuaca Panas? Ini Daftar Minuman yang Wajib Dikonsumsi
Cuaca panas yang tengah dihadapi Indonesia dapat mengakibatkan dehidrasi. Hal ini bisa dicegah dengan mengonsumsi sejumlah minuman sehat. Foto/Ilustrasi/Papaya Care
A A A
JAKARTA - Cuaca panas yang tengah dihadapi Indonesia dapat mengakibatkan gangguan kesehatan berupa dehidrasi. Maka dari itu, masyarakat dihimbau untuk mengantisipasinya.

Sebagaimana diketahui, suhu panas yang sedang terjadi di Indonesia merupakan fenomena alam akibat adanya dinamika atmosfer yang tidak biasa.

Hal tersebut disampaiakn Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Selain itu, BMKG juga menjelaskan saat ini sedang terjadi gelombang panas di wilayah Asia.

Lalu adanya, tren pemanasan global dan perubahan iklim dan dominasi monsun Australia atau dengan kata lain Indonesia memasuki musim kemarau.



Tentu suhu panas bisa menyebabkan seseorang lebih banyak mengeluarkan keringat dan mudah terasa lebih atau lemas, kondisi ini disebut dehidrasi. Berikut 4 minuman bantu atasi dehidrasi dirangkum dari berbagai sumber.

1. Air lemon

Air Lemon mengandung vitamin C ini, sering disebut sebagai infus Water, sangat mudah dibuatnya. Air lemon menjadi minuman pagi yang populer, sebagai minuman penyegar.

Sebab diklaim dapat meningkatkan tingkat energi dan metabolisme. Mengingat sedang suhu panas atau sedang berpuasa, asupan yang mengandung vitamin C sangatlah dibutuhkan. Minuman yang bisa disesuaikan selera mungkin meminumnya dingin atau panas.

2. Jus buah

Jus buah merupakan buah yang diblend bersamaan dengan air dan topping lainnya. Mengonsumsi buah secara langsung juga bisa, namun seringkali masyarakat hobi membuatnya sebagai jus.

Minuman sehat ini bisa memberikan tahan haus. Buah semangka dan melon mengandung air lebih banyak, sehingga dapat mengembalikan cairan tubuh yang hilang.

Juga jus alpukat dan pisang bisa dipilih, karena mengandung kalium yang mampu menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh.

3. Air kelapa

Minuman sejuta umat ini sangat populer di tengah masyarakat Indonesia. Air kelapa jadi salah satu minuman dapat mengisi kembali elektroilit hilang selama seharian berpuasa atau beraktivitas.

Selain rasa segar didapatkan, minum air kelapa itu menyehatkan serta mudah ditemukan di manapun. Elektrolit ialah mineral penting dalam menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh sehingga membantu mencegah dehidrasi.

Sekadar informasi, dehidrasi adalah kondisi ketika tubuh kekurangan cairan atau jumlah cairan yang keluar lebih banyak dari cairan yang masuk. Hal ini dapat disebabkan oleh kurangnya asupan cairan tubuh, pengeluaran cairan secara berlebihan akibat muntah atau diare.

Berkurangnya cairan tubuh dalam jumlah banyak akibat dehidrasi, dapat memengaruhi kadar mineral, garam, dan gula dalam darah. Kondisi ini berpotensi mengganggu fungsi organ tubuh, dan menyebabkan komplikasi serius jika tidak segera mendapatkan penanganan dengan tepat.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2114 seconds (0.1#10.140)