Evolusi Menikmati Lagu, dari Fonograf hingga Streaming

Selasa, 21 Juli 2020 - 23:23 WIB
loading...
A A A
Seiring dengan populernya MP3 player pada masa awal 2000-an, banyak bermunculan juga laman-laman yang memberikan download lagu mp3, baik itu yang gratis maupun berbayar. Bahkan, terdapat juga banyak situs converter yang mengubah format video dari YouTube menjadi audio .

Di sisi lain, pemerintah juga sempat melakukan pemblokiran laman-laman download lagu ilegal lantaran hal ini merugikan sejumlah pihak, terutama label yang menaungi musisinya .

Di tengah naiknya popularitas MP3 player, Steve Jobs dengan perusahaan teknologi Apple -nya mengadirkan revolusi ekstrem melalui pemutar musik iPod pada 2001. Seiring berjalannya waktu, Apple juga meluncurkan layanan streaming Apple Music.

Pada sekarang ini, orang-orang sudah bisa menikmati musik dalam berbagai format sejalan dengan kecanggihan teknologi smartphone yang telah dimiliki hampir semua orang . Dengan smartphone yang dimilikinya, mereka bisa menikmati musik lewat aplikasi layanan streaming dan download lagu seperti Spotify , Joox dan berbagai aplikasi serupa lainnya atau MetroLagu .

Itulah sedikit evolusi dalam menikmati musik yang terjadi dari masa ke masa yang dirangkum dari berbagai macam sumber.
(nug)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1492 seconds (0.1#10.140)