Indonesia International Waste Treatment Technology 2023 Forum & Expo Akan Digelar Agustus

Jum'at, 05 Mei 2023 - 20:30 WIB
loading...
Indonesia International Waste Treatment Technology 2023 Forum & Expo Akan Digelar Agustus
Kadin Indonesia bersama APKASI menggelar soft launching Indonesia International Waste Treatment Technology (IIWTT) 2023 Forum & Expo di Jakarta, Jumat (5/5/2023). Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bersama Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) menggelar soft launching Indonesia International Waste Treatment Technology (IIWTT) 2023 Forum & Expo di Jakarta, Jumat (5/5/2023). Rencananya, forum dan expo akbar itu akan digelar pada 30-31 Agustus mendatang di Puri Agung Convention Hall, Grand Sahid Jaya, Jakarta.

Dengan mengusung tema Industrialisasi Pengelolaan Sampah Menuju Green Energy, acara ini bertujuan untuk mendukung pencapaian 100% sampah terkelola dengan baik dan benar pada 2025 melalui pengurangan sampah 30%, dan penanganan sampah sebesar 70%.

“Sebagai mitra strategis pemerintah, Kadin Indonesia turut serta memberikan solusi atas permasalahan sampah di daerah dengan mengajak sejumlah lembaga pegiat lingkungan hidup untuk memberikan pelatihan mengolah sampah kepada masyarakat yang dapat bernilai ekonomis,” beber Yukki Nugrahawan Hanafi, Wakil Ketua Umum Koordinator Bidang Organisasi, Hukum dan Komunikasi Kadin Indonesia.

Wakil Ketua Umum Bidang Pengembangan Otonomi Daerah Kadin Indonesia yang juga menjabat Direktur Eksekutif APKASI Sarman Simanjorang menambahkan, IIWTT 2023 berpotensi memberikan teknologi terbaru dalam pengolahan sampah yang dapat digunakan untuk menangani permasalahan sampah di daerah sekaligus menambah sumber pendapatan pemerintah daerah.

"Anggaran pengelolaan sampah di beberapa daerah hingga saat ini kurang dari 1% dari APBD. Padahal, investasi untuk pengelolaan sampah diperkirakan mencapai USD18,4 miliar dalam kurun waktu 2017-2040," ungkap Sarman.

"Pengelolaan sampah menjadi salah satu isu prioritas G20 melalui agenda penanganan Food and Waste (FLW), yang menjadi perhatian dan pengkajian penting dalam agenda G20 selama presidensi Indonesia tahun 2022, " tambahnya.

Sementara itu, Ade Sjam Tjachjadi selaku Ketua Komite Tetap Inovasi Teknologi Daerah (ITD) yang ditunjuk sebagai Ketua Panitia Pelaksana menyebutkan, event ini mengajak secara aktif stakeholder persampahan Indonesia untuk berpartisipasi dan hadir dalam berbagai kegiatan yang akan digelar.

"Forum Diskusi nantinya dilakukan di ruang-ruang terpisah untuk dapat membahas secara mendetail mengenai teknologi sampah, seperti permasalahan sampah di Indonesia hingga pengolahan sampah yang baik dan benar. Kami menghadirkan prinsipal teknologi/vendor/pembicara dari luar negeri dan dalam negeri agar industrialisasi pengelolaan sampah dapat terealisir di daerah sesuai target Kementerian LHK," papar Ade Sjam.

Dalam event ini juga akan ada business matching dan business forum di beberapa tenant untuk memamerkan alat, mesin, serta teknologi canggih yang kelak dilirik oleh investor dan Pemda untuk membantu mensukseskan Smart Waste Technology.

Akan ada juga Market Sounding yang bertujuan memasarkan dan memperkenalkan produk sekaligus mempertemukan peluang investasi kepada para investor maupun stakeholder terkait di bidang teknologi sampah sehingga nantinya dapat terealisasikan penggunaan teknologi sampah di Indonesia.

Kadin Indonesia dan APKASI juga akan mengadakan workshop sampah plastik rumah tangga sebagai salah satu rangkaian kegiatan acara IIWTT 2023. Peserta workshop akan diajak untuk membuat kerajinan tangan dari sampah plastik.
(tsa)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1210 seconds (0.1#10.140)
pixels