6 Tips Menanam Sayuran untuk Pemula Saat Karantina

Selasa, 14 April 2020 - 13:30 WIB
loading...
6 Tips Menanam Sayuran untuk Pemula Saat Karantina
Pandemi virus corona membuat Anda menghabiskan banyak waktu di rumah. Jika bosan atau jenuh, Anda bisa memulai dengan kegiatan bercocok tanam. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Virus corona membuat banyak orang berada di rumah. Nah, untuk menutupi kejenuhan, Anda bisa bercocok tanam, memproduksi makanan sendiri sehingga tidak perlu keluar rumah untuk membeli bahan makanan seperti sayuran.

Namun, menanam sayuran tidak semudah yang dibayangkan. Dilansir laman The Guardian, berikut tips mengatasi beberapa hambatan umum saat ingin menanam sayur, seperti tidak memiliki alat atau bahan yang lengkap.

1. Percobaan
Saat ingin menanam, Anda harus memulai dengan pola pikir yang benar. Perlakukan semua tumbuhan yang Anda tanam sebagai bahan percobaan.

Jangan berasumsi bahwa Anda dapat menanam 20 benih sayuran berbeda. Meskipun beberapa tanaman dapat tumbuh hanya dalam beberapa minggu, seperti lobak dan daun salad, sebagian besar membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk mencapai kematangan, dan bahkan tukang kebun yang paling berpengalaman mengalami kegagalan karena hama.

Jika ada anak-anak di rumah tangga Anda, libatkan mereka karena mereka biasanya cenderung mau memakan sesuatu yang mereka tanam, dan kegiatan ini merupakan salah satu cara agar anak bisa home-schooling selama karantina.

Ingat kembali pelajaran biologi sekolah seperti tentang tanaman yang memiliki kebutuhan dasar yang sama yakni air dan nutrisi untuk akar, dan cahaya, udara, dan kehangatan untuk daun. Selain itu, setiap sayuran memiliki kondisi pertumbuhan ideal sendiri. Beberapa - seperti tomat, cabai, cukini dan terong - membutuhkan musim yang panjang untuk matang. Sedangkan yang lain, seperti selada, akan matang lebih cepat dan bisa ditanam dalam jumlah kecil sepanjang musim tanam.

2. Saat Anda Belum Punya Benih
Jika Anda tidak bisa keluar rumah untuk membeli benih tanaman, Anda bisa membeli melalui aplikasi belanja online. Tak hanya itu, Anda juga bisa menggunakan benih yang diambil dari dalam sayuran Anda seperti dari dalam lada, atau dari dalam tomat saat disaring.

Jika Anda memiliki biji ketumbar, pangkalan seledri, bawang dan selada Anda bisa menumbuhkannya dengan menempatkannya di wadah air yang dangkal.

Mulailah dengan sayuran yang menurut Anda dapat ditanam kembali dan perluas pengetahuan Anda menggunakan situs web terpercaya seperti Plants for a Future atau dengan membaca buku Adele Nozedar, The Garden Forager.

3. Tidak Punya Lahan
Seperti halnya biji, kompos lebih sulit didapat saat ini. Namun, Anda bisa membelinya melalui pesanan online. Namun jika Anda tidak bisa melakukannya, Anda bisa coba cara lain.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1314 seconds (0.1#10.140)