18 Negara ini akan Menggelar Kelas Kpop, Termasuk Indonesia

Selasa, 15 Maret 2016 - 22:01 WIB
18 Negara ini akan Menggelar Kelas Kpop, Termasuk Indonesia
18 Negara ini akan Menggelar Kelas Kpop, Termasuk Indonesia
A A A
SEOUL - Inilah hebatnya sebuah negara yang peduli dan menghargai kebudayaan sendiri. Saking meledaknya musik dan segala hal yang berkaitan dengan Korean Pop (disingkat Kpop) di dunia. Pemerintah Korea Selatan pun sampai turun tangan.

Aksi turun tangan ini dilakukan Pemerintah Korsel demi makin menyebarnya budaya Kpop di seluruh dunia.

Salah satu program yang akan dijalankan oleh pemerintah Negeri Ginseng ialah pengajaran lagu dan koreografi Kpop buat orang asing yang tertarik dengan budaya Korea di luar negeri.

Buat tahap awal, program ini akan dilakukan pada 20 lokasi pusat kebudayaan Korea di 18 negara dunia.

Seperti dikatakan oleh Kementerian Budaya, Olahraga dan Pariwisata Korea Selatan, dalam siaran pers yang diterima kantor berita Yonhap pada Senin (14/3/2016) waktu setempat. Sebagai pioneer program ini adalah pusat kebudayaan Korea di Shanghai, China.

Setelah itu program kelas Kpop akan berlangsung di negara-negara yang sudah punya basis fans Kpop cukup banyak, seperti Indonesia, Thailand, India, Spanyol, Prancis, Meksiko, Turki, Amerika Serikat, Jerman dan Vietnam.

Ditambahkan oleh pihak kementerian, akademi ini juga memberi kesempatan kepada orang asing untuk belajar K-pop dan menonton drama seri serta film Korea, mencicipi makanan serta merasakan trendinya tata rias Korea untuk membantu mereka memahami budaya Korea.

Para penggemar "hallyu" luar negeri akan mendapat kesempatan mempelajari lagu dan tarian K-pop favorit mereka dari staf pengajar level top di K-pop Academy, kata Park Younggoog, kepala Korean Culture and Information Service (KCIS) yang berafiliasi dengan Kementerian Kebudayaan Korea Selatan.

Ia merujuk pada budaya pop Korea yang meledak di penjuru Asia. "KCIS akan membantu orang di seluruh dunia untuk memahami Korea lebih baik lewat berbagai program untuk merasakan budaya Korea," imbuhnya.

Akan tetapi, sejauh ini jadwal pastinya program ini diadakan di Indonesia masih belum dirilis. Walau pada awal tahun 2016, pemerintah Korsel sempat telah mengadakan acara yang kurang lebih serupa di Indonesia.

Sekitar 120 anak yang kurang mampu di Kabupaten Tigaraksa, Provinsi Banten, Indonesia, belajar bagaimana menari K-pop dengan bantuan belasan mahasiswa Korea Selatan, dalam acara yang berlangsung selama sepekan, dari 11-16 Januari 2016. (simak linknya di sini)
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9400 seconds (0.1#10.140)