Benarkah TAR Lebih Berbahaya dari Nikotin? Begini Penjelasannya

Senin, 15 Mei 2023 - 10:37 WIB
loading...
Benarkah TAR Lebih Berbahaya dari Nikotin? Begini Penjelasannya
Rokok mengandung beragam bahan kimia, namun umumnya masyarakat mengenal dua bahan kimia yang terkandung di dalamnya, yakni nikotin dan TAR. / Foto: ilustrasi/The Conversation
A A A
JAKARTA - Rokok mengandung beragam bahan kimia. Akan tetapi umumnya terdapat dua bahan kimia yang paling dikenal masyarakat, yakni nikotin dan TAR (Total Aerosol Residue).

Sejauh ini, banyak yang menilai jika nikotin mempunyai bahaya yang sama dengan TAR. Namun, benarkah demikian? Lalu, manakah yang sebetulnya lebih berbahaya?

Mengenai hal itu, peneliti dari Departemen Kimia Institut Pertanian Bogor (IPB) University, Mohammad Khotib memaparkan bahwa nikotin secara alami terdapat pada tembakau. Senyawa tersebut masuk ke dalam golongan alkaloid.



Bukan hanya tembakau, nikotin juga ditemukan pada tanaman seperti kentang, kentang, terong, dan tomat, namun dengan konsentrasi yang lebih rendah.

"Nikotin adalah senyawa tunggal. Nikotin cenderung membuat adiksi sehingga menimbulkan ketergantungan," ungkap Khotib, baru-baru ini.

Sedangkan TAR, menurut Khotib, berbeda dengan nikotin. TAR muncul akibat proses pembakaran tembakau. TAR menjadi senyawa kimia yang paling berbahaya bagi perokok karena bersifat karsinogenik.

"Jika dikonsumsi dalam jangka waktu lama, TAR dapat menyebabkan kanker," bebernya.

Dari data National Cancer Institute Amerika Serikat, diketahui ada sekitar 7.000 senyawa kimia yang ada di dalam asap rokok, 2 ribu di antaranya terdapat pada TAR.

Senyawa yang bersifat karsinogenik tersebut dapat memicu kanker, dan meningkatkan risiko berbagai penyakit berbahaya yang diakibatkan kebiasaan merokok.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2671 seconds (0.1#10.140)