Waspada, Ciuman Bisa Jadi Medium Penularan Virus Hepatitis B

Selasa, 16 Mei 2023 - 18:36 WIB
loading...
Waspada, Ciuman Bisa Jadi Medium Penularan Virus Hepatitis B
Hepatitis B bersama sifilis dan HIV merupakan tiga penyakit yang proses penularannya melalui aktivitas seksual. / Foto: ilustrasi/HealthCentral
A A A
JAKARTA - Hepatitis B bersama sifilis dan HIV merupakan tiga penyakit yang proses penularannya melalui aktivitas seksual. Namun, hepatitis B bisa dicegah dengan vaksin.

Bahkan, jika sudah terinfeksi, virus hepatitis B masih bisa dimusnahkan seluruhnya dari tubuh atau dengan kata lain si pasien dapat sembuh total dengan serangkaian pengobatan.

Masyarakat juga perlu tahu bahwa hepatitis B tidak hanya ditularkan melalui aktivitas seksual. Juru Bicara Kementerian Kesehatan, dr. Mohammad Syahril menyampaikan bahwa hepatitis B bisa juga ditularkan lewat ciuman.



"Ya, ciuman bisa jadi medium penularan virus hepatitis B. Itu terjadi karena hepatitis B bisa menular lewat cairan tubuh, termasuk air liur," ungkap dr. Syahril dalam konferensi pers Kemenkes secara virtual, Selasa (16/5/2023).

Lalu, ciuman seperti apa yang bisa memicu risiko terinfeksi hepatitis B? Apakah ciuman mulut ke mulut berisiko lebih besar ketimbang cium pipi?

Dokter Syahril pun menjelaskan, ciuman mulut ke mulut lebih berisiko tinggi menularkan virus hepatitis B, ketimbang ciuman pipi. Walau keduanya punya risiko yang sama dalam menularkan hepatitis B.

"Hepatitis B itu bisa ditularkan secara horizontal melalui ciuman salah satunya dan pertukaran liur itu memicu penyebaran hepatitis B," paparnya.

Selain air liur, dr. Syahril menyebutkan bahwa cairan tubuh lain seperti cairan Miss V atau cairan Mr P juga bisa jadi medium penyebaran hepatitis B.



"Semakin lama durasi dan semakin sering aktivitas itu (ciuman) dilakukan, maka semakin mudah virus menular ke orang lain," tukasnya.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1175 seconds (0.1#10.140)