5 Bahan Alami untuk Turunkan Tekanan Darah Tinggi, Nomor 3 Ampuh Encerkan Darah

Jum'at, 19 Mei 2023 - 20:21 WIB
loading...
5 Bahan Alami untuk Turunkan Tekanan Darah Tinggi, Nomor 3 Ampuh Encerkan Darah
Bahan alami untuk menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi penting diketahui. Sebab penyakit ini jika tak segera diobati dapat menyebabkan komplikasi. Foto/Ilustrasi/Indianlife
A A A
JAKARTA - Bahan alami untuk menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi penting diketahui. Sebab penyakit ini jika tak segera diobati dapat menyebabkan komplikasi.

Sebagaimana diketahui penyakit tekanan darah tinggi umumnya disebabkan pola hidup yang tidak sehat. Seseorang yang menderita tekanan darah tinggi sebaiknya segera diberikan perawatan yang tepat.

Sebab, tekanan darah tinggi yang dibiarkan bisa memicu penyakit jantung, stroke, dan penyakit kronis lainnya. Minuman atau makanan dari bahan alami merupakan salah satu cara efektif menurunkannya.

Berikut 5 bahan alami yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber.

Bahan Alami untuk Turunkan Tekanan Darah Tinggi

1. Teh Hijau

Bagi anda memiliki hipertensi, bisa meminum teh hijau untuk menurunkan. Hal ini diungkap sebuah tinjauan literatur 2020, uji coba terkontrol secara acak membandingkan efek konsumsi teh hitam dan teh hijau pada tekanan darah.



Para peneliti melaporkan bahwa asupan jangka panjang dari kedua jenis teh menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik. Tapi penurunan tekanan darah lebih signifikan dengan teh hijau.

2. Jahe
Jahe dikenal sebagai salah bahan bumbu masak. Ternyata dapat digunakan sebagai minuman tradisional untuk menurunkan hipertensi.

Berdasarkan penelitian pada manusia dan hewan, menunjukkan bahwa mengonsumsi jahe mengurangi tekanan darah dalam beberapa cara. Ini bertindak sebagai penghambat saluran kalsium alami, dan inhibitor ACE (Angiotensin-converting enzyme).

Sementara penelitian pada lebih dari 4.000 orang menemukan bahwa mereka yang paling banyak mengonsumsi jahe 2–4 gram per hari, memiliki risiko paling rendah terkena tekanan darah tinggi.

3. Kunyit

Kunyit dikenal sebagai minuman tradisional yang biasa diolah menjadi jamu. Salah satu manfaat bagi penderita darah tinggi,adalah mampu mengencerkan darah.

Hal tersebut dibuktikan dalam penelitian dari Journal of Biochemistry and Molecular Biology pada tahun 2012, tentang aktivitas antikoagulan pada kunyit yang dipakai untuk bumbu kari. Kurkumin dapat mencegah terjadinya penggumpalan darah dengan menghambat faktor-faktor pembekuan darah.

4. Kayu Manis

Minuman yang dicampur dengan kayu manis ternyata mampu menurunkan tekanan darah tinggi dalam tubuh. Secara umum kayu manis, dikenal sebagy rempah-rempah aromatik yang berasal dari kulit bagian dalam pohon dari genus Cinnamomum.

Menurut penelitian pada hewan menunjukkan bahwa kayu manis dapat membantu melebarkan dan mengendurkan pembuluh darah.

Melansir Healthline bahwa mereka yang mengonsumsi 500-2.400 mg kayu manis setiap hari, selama 12 minggu dapat mengalami penurunan rata-rata 5,39 mm Hg pada tekanan darah sistolik dan 2,6 mm Hg pada tekanan darah diastolik.

5. Kemangi

Siapa sangka daun yang dijadikan lalapan ini ternyata dinilai bisa bisa bantu turunkan hipertensi. Ada penelitian pada hewan menunjukkan ekstrak kemangi membantu mengendurkan pembuluh darah, dan mengencerkan darah ini membantu mengurangi tekanan darah.

Namun sejauh ini, para ilmuwan perlu melakukan lebih banyak penelitian untuk menyelidiki, apakah kemangi membantu menurunkan tekanan darah pada manusia.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1451 seconds (0.1#10.140)