7 Sayuran yang Harus Dihindari Penderita Asam Lambung, Bikin Kembung

Sabtu, 20 Mei 2023 - 08:00 WIB
loading...
A A A
Meskipun sebagian besar serat sebenarnya membantu pencernaan, brokoli mengandung jenis serat larut yang menurut ahli diet tidak rusak atau hancur sampai mencapai usus besar. Saat diproses oleh tubuh, brokoli melepaskan gas menyebabkan asam lambung.

6.Kembang Kol

7 Sayuran yang Harus Dihindari Penderita Asam Lambung, Bikin Kembung

Foto/Getty Images

Mengonsumsi kembang kol secara berlebihan dapat menyebabkan masalah pencernaan. Sayuran silangan ini sulit dicerna, terutama saat dimakan mentah. Hal itu dapat dengan mudah menyebabkan masalah kembung atau gas.

Kembang kol mengandung raffinose, yang merupakan jenis karbohidrat. Tapi tubuh tidak dilengkapi dengan enzim yang dapat memecah raffinose sehingga akan bergerak dari usus kecil ke usus besar tanpa tercerna. Ketika memasuki usus besar, bakteri yang ada di sana mulai memfermentasinya, yang menyebabkan gas dan asam lambung.



7. Mint

7 Sayuran yang Harus Dihindari Penderita Asam Lambung, Bikin Kembung

Foto/Getty Images

Anda mungkin berpikir ramuan menyegarkan ini akan mengatasi mulas dan menenangkan asam lambung. Namun justru sebaliknya. Mint melemaskan otot-otot di kerongkongan, termasuk sfingter, sehingga asam dan sisa makanan lainnya dapat mengalir kembali.

Kondisi ini bisa terjadi termasuk apa pun yang beraroma mint. Seperti teh, permen karet, atau permen.
(dra)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3953 seconds (0.1#10.140)