7 Makanan yang Bisa Mengobati Masuk Angin, Nomor 3 Dikonsumsi Tiap Hari

Sabtu, 20 Mei 2023 - 15:20 WIB
loading...
A A A
Kehangatan sup dapat membantu mengurangi hidung tersumbat, karena cairan panas atau pedas dapat membantu mengatasi hal ini. Ayam dalam sup ayam juga mengandung asam amino sistein.



4. Kaldu


Seperti sup ayam, kaldu adalah sumber cairan dan elektrolit yang sangat baik yang berguna saat Anda sakit. Saat panas, kaldu juga dapat membantu meredakan hidung tersumbat. Kaldu penuh rasa dan kaya akan berbagai nutrisi namun tetap mudah untuk sistem pencernaan.

Selain itu, kaldu tulang kaya akan kolagen dan asam amino (bahan penyusun protein) dari tulang hewan. Kandugan ini dapat membantu mempercepat pemulihan, meskipun penelitian masih kurang.

5. Bawang Putih


Bawang putih memberikan banyak manfaat kesehatan dan telah digunakan dalam pengobatan herbal selama berabad-abad. Dalam penelitian tabung reaksi dan hewan, terbukti memiliki efek antibakteri, antivirus, dan antijamur.

Satu studi pada 146 orang menemukan bahwa peserta yang mengonsumsi suplemen berbasis bawang putih memiliki hari sakit sekitar 70 persen lebih sedikit daripada kelompok plasebo. Selain itu, suplemen ekstrak bawang putih tua dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan mengurangi keparahan pilek dan flu.

6. Jahe


Jahe sebagian besar membantu meredakan mual dan muntah. Namun, ia juga memiliki banyak nutrisi anti-inflamasi yang dapat menghilangkan infeksi di saluran pernapasan bagian atas. Meskipun, ada penelitian terbatas yang menunjukkan keefektifan dampak antiinflamasi jahe.

Untuk mendapatkan manfaatnya, pilihlah jahe segar. Iris atau parut dan tambahkan ke teh, kaldu, smoothie, dan jus. Atau taburkan sedikit di atas buah segar.



7. Pisang


Pisang adalah salah satu makanan termudah pada sistem pencernaan dan meningkatkan nafsu makan berkurang karena sakit. Menurut Academy of Nutrition and Dietetics, pisang meningkatkan gula darah dan memberikan energi dan nutrisi penting yang membantu mendukung sistem kekebalan tubuh.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1499 seconds (0.1#10.140)