7 Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan, Salah Satunya Redakan Stres

Selasa, 30 Mei 2023 - 14:30 WIB
loading...
7 Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan, Salah Satunya Redakan Stres
Terdapat cukup banyak manfaat daun mint untuk kesehatan yang perlu diketahui. Foto/Medical News Today
A A A
JAKARTA - Terdapat cukup banyak manfaat daun mint untuk kesehatan yang perlu diketahui. Salah satunya bisa mengurangi atau meredakan stres.

Daun mint telah dikenal banyak orang. Biasanya, jenis tumbuhan ini digunakan sebagai tambahan dalam makanan atau minuman tertentu.

Tak hanya rasanya yang segar, daun mint juga memiliki sederet manfaat bagi kesehatan tubuh. Apa saja manfaat yang bisa didapat dari daun ini?


Manfaat Daun Mint bagi Kesehatan

1. Bantu Merawat Kesehatan Mulut

Sensasi mint pada pasta gigi biasanya memberikan efek segar pada mulut. Mengutip laman PharmaEasy, Selasa (30/5/2023), daun mint bisa menghilangkan bau menyengat dari mulut setelah makan.

Tak hanya menyegarkan napas secara instan, ekstrak daun mint juga dapat membantu membersihkan plak di gigi. Efek antibakteri yang dimiliki bisa membunuh penyebab bau mulut serta masalah lain pada gigi.

2. Bantu Meredakan Sakit Perut

Daun mint cukup efektif membantu meredakan masalah seperti sakit perut. Mengutip laman Health Shots, hal ini dikarenakan kandungan anti-inflamasi pada mint yang bisa mengurangi peradangan di perut.

Tak hanya itu, daun mint juga bisa membantu meredakan gangguan pencernaan pada tubuh. Minyak mint memiliki sifat antiseptik dan antibakteri yang baik untuk meredakan masalah tersebut.


3. Redakan Keluhan Pernapasan

Manfaat berikutnya dari daun mint bisa dirasakan untuk meredakan keluhan pernapasan. Sebagai contoh, katakanlah seperti masalah pilek.

Mint dikenal bisa membantu meredakan hidung tersumbat. Aromanya yang kuat dan menyegarkan bisa membantu Anda menghilangkan pilek yang menyebalkan.

4. Bantu Mengobati Jerawat

Mint memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri yang bermanfaat mengobati jerawat. Selain itu, daun ini juga memiliki kandungan salicylic acid yang dikenal luas mampu memerangi jerawat.

5. Ringankan Irritable Bowel Syndrome

Irritable Bowel Syndrome merupakan gangguan umum pada sistem pencernaan. Dalam hal ini, konsumsi mint bisa membantu meredakan atau meringankan keluhan tersebut.

Minyak mint mengandung senyawa mentol yang dapat memberikan efek relaksasi pada otot-otot di saluran pencernaan.


6. Perawatan Kulit

Ketika menyentuh kulit, mint akan berefek menyegarkan dan menenangkan. Sifat anti-bakteri dan anti-inflamasi yang dibawa cukup efektif mengobati keluhan seperti peradangan ataupun kemerahan di area wajah akibat jerawat.

Tak hanya itu, daun mint juga mengandung vitamin A dan salicylic acid yang bisa mengontrol sekresi minyak pada orang-orang dengan kondisi kulit mudah berminyak dan rentan berjerawat.

7. Meredakan Stres

Mint bisa menjadi bagian penting dari aromaterapi. Selain sensasinya yang tercium kuat dan menyegarkan, daun mint juga mampu mengatasi stres dan memberikan ketenangan pada pikiran.

Aroma mint membantu otak dan tubuh rileks dengan menenangkan pikiran. Tak hanya itu, jenis daun ini juga memiliki sifat adaptogenik yang dapat mengatur kadar kortisol dan membangun ketahanan alami terhadap rasa stres.

Itulah deretan manfaat daun mint bagi kesehatan yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat!
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1743 seconds (0.1#10.140)