Hari Tanpa Tembakau Sedunia, Ini 5 Cara Berhenti Merokok Secara Permanen

Rabu, 31 Mei 2023 - 15:25 WIB
loading...
Hari Tanpa Tembakau Sedunia, Ini 5 Cara Berhenti Merokok Secara Permanen
Hari Tanpa Tembakau Sedunia diperingati setiap 31 Mei. WHO memperingatinya untuk meningkatkan kesadaran tentang efek berbahaya dari penggunaan tembakau. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Hari Tanpa Tembakau Sedunia diperingati setiap 31 Mei. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatinya untuk meningkatkan kesadaran tentang efek berbahaya dari penggunaan tembakau dan mengadvokasi kebijakan yang efektif untuk mengurangi konsumsi tembakau.

Tujuan Hari Tanpa Tembakau Sedunia adalah untuk menginformasikan kepada masyarakat tentang risiko kesehatan yang terkait dengan penggunaan tembakau. Termasuk merokok dan produk tembakau tanpa asap.

Selain itu, peringatan ini juga menyoroti pentingnya berhenti merokok dan mendorong pemerintah, organisasi, dan individu untuk mengambil tindakan terhadap penggunaan tembakau. Berikut cara berhenti merokok dilansir dari Times Now News, Rabu (31/5/2023).

Cara Berhenti Merokok





1. Penggati Nikotin


Pendekatan terapeutik ini mencakup berbagai pilihan seperti resep nikotin yang diberikan melalui semprotan hidung atau inhaler. Pengganti nikotin lainnya seperti permen karet, dan pelega tenggorokan yang dijual bebas, atau resep obat penghenti non-nikotin seperti bupropion dan varenicline.

Untuk mengatasi rasa mengidam yang intens, pertimbangkan untuk menggabungkan terapi pengganti nikotin jangka pendek seperti permen karet, pelega tenggokoran dan semprotan hidung datau inhaler. Cara ini umumnya aman digunakan bersamaan dengan patch nikotin jangka panjang.

2. Hindari Pemicu


Seseorang harus menyadari pemicu yang mendorong untuk merokok. Kemungkinan besar potensi dorongan tembakau paling tinggi di lingkungan di mana seseorang biasanya merokok atau mengunyah tembakau.

Misalnya saat pesta, di bar, stres atau menikmati secangkir kopi. Identifikasi pemicu dan buat rencana untuk menghindarinya atau melewatinya tanpa beralih ke tembakau.

3. Jejaring Sosial


Pembentukan jejaring sosial oleh orang yang berhasil berhenti merokok dan memotivasi mereka yang sedang dalam proses berhenti dapat membantu secara psikologis.

4. Banyak Beraktivitas


Saat ingin merokok, tantang diri Anda untuk menunda selama 10 menit. Selama ini, lakukan aktivitas yang berhasil mengalihkan perhatian. Pertimbangkan menjelajah ke zona bebas asap rokok di sekita Anda.



5. Kunyah Permen Karet


Kunyah permen karet tanpa gula atau menikmati sepotong permen keras atau nikmati kerenyahan wortel mentah, kacang-kacangan, biji bunga matahari bisa mengalihkan keinginan Anda untuk merokok.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1655 seconds (0.1#10.140)