5 Manfaat Lidah Buaya untuk Pria, Nomor Terakhir Dikonsumsinya Jangan Berlebihan

Minggu, 04 Juni 2023 - 16:36 WIB
loading...
5 Manfaat Lidah Buaya untuk Pria, Nomor Terakhir Dikonsumsinya Jangan Berlebihan
Manfaat lidah buaya untuk pria diantaranya dapat dijadikan pelumas saat berhubungan intim. Foto/Ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Manfaat lidah buaya untuk pria menarik untuk dikulik. Sebab, sejak lama tumbuhan dengan nama lain Aloe Vera ini dikenal untuk kecantikan bagi wanita.

Namun, sebagaimana dilansir dari laman aloelabs, tanaman ini bagi pria umumnya dipahami bisa meredakan rasa sakit dan kemerahan akibat sengatan matahari.

Dengan demikian, kebutuhan lidah buaya bukan hanya ada pada wanita tapi juga pria. Berikut manfaat lidah buaya untuk pria yang dirangkum dari berbagai sumber, diantaranya:

Manfaat Lidah Buaya untuk Pria

1. Menyembuhkan iritasi

Bagi pria biasanya melakukan cukur jenggot atau kumis, terkadang pasca cukuran meninggalkan iritasi atau kemerahan. "Untuk membantu menyembuhkan atau mencegah luka bakar akibat pisau cukur, bisa Anda gunakan lidah buaya," keterangan dalam Healthline.



Ini juga dapat membantu pria mencegah lesi jerawat, dan eksim di wajah Anda yang mungkin dipicu oleh pencukuran.

2. Pelumas hubungan seksual

Salah satu kegunaan lain dari gel lidah buaya adalah sebagai pelumas alami saat berhubungan intim. Ini karena gel tersebut memiliki tekstur yang licin, mirip pelumas.

Sebab gel lidah buaya murni ini dapat digunakan sebagai alternatif yang aman untuk pelumas sintetik. Walaupun lidah buaya aman bagi kebanyakan orang, namun dapat menyebabkan reaksi alergi, terutama jika Anda memiliki kulit sensitif.

3. Melembabkan kulit

Bukan hanya wanita yang dapat manfaat aloe vera untuk melembabkan kulit, tapi pria juga bisa lho. Mengingat lidah buaya punya sifat kemampuan higroskopis, ini membantu menjadikannya efektif sebagai pelembab kulit.

Menambahkan lidah buaya ke rutinitas perawatan kulit di pagi hari, tidak hanya membantu mencegah noda. Tetapi juga menjaga kulit Anda tetap lembab dan ternutrisi sepanjang hari. Sebab, tanaman ini tidak hanya sekitar 95 persen mengandung air, tetapi lidah buaya juga mengandung elektrolit seperti magnesium dan potasium.

"Asam amino juga melembutkan sel kulit yang mengeras dan seng bertindak sebagai astringen untuk mengencangkan pori-pori,” keterangan dalam Menshealth.

4. Anti penuaan (anti aging)

Kandungan sterol dalam lidah buaya merangsang produksi kolagen, dan asam hialuronat yang bisa mengencangkan wajah. Juga mengikat kelembapan ke dalam kulit dan menghilangkan garis-garis halus dan kerutan.

5. Melancarkan pencernaan

Bagi Anda yang memiliki gangguan kesehatan seperti sembelit dipersilahkan mengonsumsinya. Pasalnya, lidah buaya telah terbukti ampuh meredakan gangguan pencernaan itu.

"Bagian terluar tanaman mengandung senyawa yang disebut antrakuinon, yang bertanggung jawab atas efek pencahar tanaman,” kata Ahli Gizi Clarissa Lenherr dilansir dari Menshealth.

Sehingga tetap berhati-hatilah dalam menggunakannya, sebaba dengan mengonsumsi jus lidah buaya secara berlebihan dapat menyebabkan diare dan kram perut.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1123 seconds (0.1#10.140)