6 Langkah Awal Atasi Kejang, Jangan Sampai Salah Tindakan

Selasa, 06 Juni 2023 - 12:33 WIB
loading...
6 Langkah Awal Atasi Kejang, Jangan Sampai Salah Tindakan
Kejang adalah kondisi medis yang serius dan membutuhkan tindakan segera. Foto Ilustrasi/Healthline
A A A
JAKARTA - Kejang adalah kondisi medis yang serius dan membutuhkan tindakan segera. Jika Anda menghadapi situasi di mana seseorang mengalami kejang, langkah awal yang harus dilakukan adalah tetap tenang.

Selain itu, ada beberapa langkah lain yang harus dilakukan. Berikut langkahnya.

1. Tetap Tenang dan Waspadai Lingkungan Sekitar

Saat seseorang mengalami kejang, penting untuk tetap tenang dan menghindari panik. Perhatikan lingkungan sekitar untuk memastikan tidak ada bahaya yang bisa membahayakan penderita atau orang di sekitarnya. Dengan begitu, Anda bisa mudah memberikan pertolongan dan mencari bantuan.


2. Lindungi Penderita

Pastikan Anda atau orang di sekitar Anda segera melindungi penderita kejang dari benda-benda tajam atau keras yang bisa menyebabkan cedera. Letakkan bantal atau benda lembut lainnya di sekitar kepala untuk mencegah benturan yang keras.

3. Jangan Menahan Gerakan

Jangan mencoba menahan gerakan penderita saat kejang terjadi. Biarkan kejang berlangsung dan jangan mencoba menghentikannya dengan memegang atau memaksa penderita untuk berhenti bergerak. Proses ini akan berhenti dengan sendirinya. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan berapa lama kejang berlangsung. Waktu kejang dapat memberikan petunjuk kepada tenaga medis mengenai jenis kejang yang terjadi dan tindakan yang harus diambil selanjutnya.

4. Jaga Saluran Napas Terbuka

Pastikan saluran napas penderita tetap terbuka. Setelah kejang berhenti, posisikan penderita ke dalam posisi miring agar saliva atau muntah yang mungkin keluar dapat keluar dari mulutnya dengan mudah.


5. Amankan Area Sekitar

Pastikan area sekitar penderita kejang bebas dari benda-benda berbahaya. Jauhkan benda-benda tajam, kaca, atau barang-barang lain yang bisa menyebabkan cedera jika penderita secara tidak sengaja mengenainya. Jika kejang berlangsung lebih dari lima menit atau jika penderita mengalami kejang berulang tanpa sadar di antara kejang, segera hubungi layanan medis darurat. Kejang yang berkepanjangan dapat menjadi tanda kondisi medis yang serius dan membutuhkan perhatian segera.

6. Konsultasikan dengan Dokter

Setelah kejang, penting untuk mengonsultasikan kondisi penderita dengan dokter untuk mendapatkan evaluasi medis dan diagnosis yang tepat. Dokter akan mengevaluasi riwayat medis penderita, gejala yang muncul selama kejang, serta hasil pemeriksaan fisik dan tes diagnostik yang diperlukan.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1064 seconds (0.1#10.140)