Seram! Ini Dia Asal Usul Kuntilanak si Hantu Wanita yang Suka Mengganggu Manusia

Kamis, 08 Juni 2023 - 16:55 WIB
loading...
Seram! Ini Dia Asal Usul Kuntilanak si Hantu Wanita yang Suka Mengganggu Manusia
Seram! Ini dia asal usul Kuntilanak si hantu wanita yang suka mengganggu manusia. Foto/Roov.id
A A A
JAKARTA - Kuntilanak merupakan salah satu urban legend yang sangat terkenal di Indonesia. Bahkan, di seluruh Indonesia dan dari berbagai usia tahu tentang hantu ini. Yuk ketahui asal usulnya!

Seram! Ini Dia Asal Usul Kuntilanak si Hantu Wanita yang Suka Mengganggu Manusia

SOURCE: Freepik

Hantu ini dipercaya berasal dari wanita hamil yang meninggal dunia atau wanita yang meninggal karena melahirkan. Awalnya, hantu ini berasal dari kota Pontianak , makanya diberi nama puntianak atau pontianak yang memiliki arti “perempuan mati beranak”. Awal hantu ini ditemukan yaitu pada tahun 1600-an oleh Abdurrahman Alkadrie, yang merupakan pendiri dari Kesultanan Pontianak. Saat itu, ia diganggu oleh hantu tersebut ketika sedang menentukan tempat dimana istananya akan berdiri.

Kuntilanak sering divisualisasikan dengan wanita berambut panjang yang menggunakan baju putih panjang, dan kuku yang hitam. Namun beda dengan rakyat Melayu yang memvisualisasikan hantu ini dengan wanita cantik yang memiliki punggung berlubang. Konon katanya, kuntilanak juga mempunyai banyak jenis yaitu, kuntilanak putih, kuntilanak merah, dan kuntilanak hitam.



Kuntilanak putih dikenal sebagai hantu yang jahil karena sering menakuti manusia. Lain lagi dengan kuntilanak merah , konon katanya kuntilanak merah merupakan hantu yang jahat karena memiliki dendam yang belum tuntas. Kuntilanak hitam diceritakan sebagai pemimpin antara kuntilanak putih dan merah. Ia merupakan kuntilanak yang paling jahat sehingga membuat warnanya menjadi hitam, ia juga diketahui sebagai penguasa kuntilanak yang lainnya.

Tanda-tanda kuntilanak ada di sekitar kalian adalah, kehadirannya ditandai dengan wewangian seperti harum bunga kamboja dan juga melati. Akan tetapi, ada juga yang mencium bau busuk atau amis. Dalam agama Islam, kuntilanak termasuk dalam golongan jin kafir atau setan yang suka mengganggu dan menakuti manusia, serta mengaku-ngaku sebagai orang yang sudah tiada.

Salah satunya yang dialami oleh Brigitha Karin. Saat itu ia sedang tidur dan tiba-tiba terbangun sampai berkeringat dingin. Selain Karin ternyata kakaknya juga pernah mengalami hal mistis juga. Saat itu kakaknya tidur dirumah sendirian, karena orang tuanya sedang pergi. Ibunya menyuruh kakak karin untuk jangan tidur terlalu pulas. Tapi Kakak karin justru tertidur pulas bahkan tak menyadari kalau ibunya sedang pergi. Kakaknya ternyata melihat sosok perempuan dan mendengar rintihan dari arah pintu.

Seram! Ini Dia Asal Usul Kuntilanak si Hantu Wanita yang Suka Mengganggu Manusia

SOURCE: Roov.id

Penasaran dengan cerita selengkapnya? Yuk dengarkan di Podcast Obrolan Misteri episode Ketindihan Kuntilanak. Pada Kamis, 8 Juni 2023 pukul 20.00 WIB hanya di Audio+ bagian dari RCTI+ . Jangan lupa juga untuk download aplikasi RCTI+ di App Store dan Google Play Store ya!
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1557 seconds (0.1#10.140)