Apakah Perlu Memakai Sunscreen pada Malam Hari? Ini Penjelasan Dokter Kulit

Sabtu, 10 Juni 2023 - 05:30 WIB
loading...
Apakah Perlu Memakai Sunscreen pada Malam Hari? Ini Penjelasan Dokter Kulit
Sunscreen merupakan salah satu produk skincare yang wajib digunakan saat berpergian keluar rumah, khususnya di siang hari. Foto/Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Generasi milenial kini berlomba-lomba mempercantik kulit dengan beragam perawatan dan produk skincare . Rangkaiannya pun tak lepas dari beragam jenis serum, facial wash dan produk kecantikan dengan bahan aktif lainnya.

Sayangnya, meski telah menggunakan rangkaian produk tersebut, tak sedikit masyarakat yang masih malas menggunakan tabir surya atau sunscreen sebagai perlindungan kulitnya saat keluar rumah. Alasannya pun beragam, mulai dari malas, hingga tak menyukai rasa setelah penggunaan sunscreen yang cenderung lengket dan berminyak.

Padahal, sunscreen merupakan salah satu produk skincare yang wajib kamu gunakan saat berpergian keluar rumah, khususnya di siang hari. Bahayanya sinar matahari langsung tentu bisa memberikan efek buruk pada kesehatan kulit wajah.

Meski menggunakan sunscreen merupakan keharusan saat keluar rumah, ada saja masyarakat yang mempertanyakan apakah sunscreen harus selalu digunakan. Apakah sunscreen juga wajib digunakan pada malam hari?



Faktanya, sunscreen hanya perlu digunakan saat siang hari, baik ketika kamu berada di dalam ataupun di luar rumah. Dengan kata lain, sunscreen tak perlu digunakan saat malam hari.

Dokter kulit New York Jody A. Levine, MD mengatakan salah satu kesalahan banyak orang di dunia skincare ialah menggunakan pelembab yang mengandung SPF di malam hari.

“Satu kesalahan yang saya lihat dilakukan orang adalah menggunakan pelembab mereka dengan SPF saat mereka tidur sebagai pelembab malam hari,” kata Jody dilansir New Beauty, Jumat (9/6/2023).

Jody mengatakan menggunakan sunscreen pada malam hari merupakan kesalahan dan bisa berdampak buruk pada kulit. Pasalnya, tekstur sunscreen bisa menyumbat pori-pori bila juga digunakan pada malam hari.

“Tidak perlu menggunakan SPF di malam hari, karena dapat mengeringkan kulit atau menyumbat pori-pori,” tambahnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2449 seconds (0.1#10.140)