3 Langkah Menerapkan Self Reward, Penting untuk Movitasi Diri

Senin, 12 Juni 2023 - 04:04 WIB
loading...
3 Langkah Menerapkan Self Reward, Penting untuk Movitasi Diri
Self reward dapat diartikan sebagai pemberian hadiah atau apresiasi terhadap diri sendiri. Foto Ilustrasi/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Self reward dapat diartikan sebagai pemberian hadiah atau apresiasi terhadap diri sendiri. Aktivitas ini merupakan strategi yang efektif dalam meningkatkan motivasi diri guna menyelesaikan tugas ataupun pekerjaan.

Self reward tidak hanya berarti berbuat baik pada sendiri, tapi juga bentuk pengakuan atas dedikasi yang telah Anda lakukan, atau keberhasilan yang telah Anda capai.

Self reward memiliki manfaat yang signifikan dalam meningkatkan motivasi pribadi. Ketika Anda memberikan penghargaan pada diri sendiri setelah mencapai tujuan atau target pribadi, itu akan merangsang hormon endorfin yang dapat meningkatkan perasaan bahagia dan kepuasan diri.



Mengutip Castro & Rachlin, self reward dapat memberikan efek yang sama dengan menerima reward dari orang lain. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk menerapkan self reward.

1. Tentukan Target

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah menetapkan target yang ingin dicapai. Di sini tujuan Anda tentu harus terukur, misalnya menyelesaikan proyek kuliah atau tugas pekerjaan. Lalu, Anda bisa buat tahapan yang lebih sederhana untuk melihat letak prioritas Anda.

2. Tentukan Reward yang Sepadan

Setelah mengetahui target apa yang ingin dicapai, Anda bisa mencoba mencari reward yang sepadan dengan capaian Anda itu. Reward bisa berupa sesuatu yang sederhana atau yang luar biasa, seperti menonton bioskop, makan malam di tempat yang sudah Anda incar, atau travelling ke negara lain.


3. Susun Rencana dan Jadwal

Setelah melakukan dua langkah sebelumnya, ada lagi langkah penting yang harus dipikirkan. Susun rencana dan jadwalkan tanggal tenggat Anda dalam mencapai target tersebut. Anda juga bisa menentukan tanggal di mana akan memberikan reward pada diri Anda. Ini akan membantu memberikan arah yang jelas dan mempertahankan motivasi Anda.

Itu dia tiga langkah yang bisa dilakukan untuk menerapkan self reward. Dengan menerapkan self reward, Anda tidak hanya mengapresiasi diri sendiri, tetapi juga memperkuat motivasi untuk mencapai hasil yang didambakan. MG/Thesalonika Alvina
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1349 seconds (0.1#10.140)