5 Cara Menghilangkan Bau Ketiak, Tak Cukup dengan Mandi

Sabtu, 24 Agustus 2024 - 20:20 WIB
loading...
5 Cara Menghilangkan...
Cara menghilangkan bau ketiak menjadi ulasan menarik untuk diketahui. Tak jarang, bau kurang sedap tersebut membuat seseorang tidak percaya diri ketika berinteraksi atau membaur bersama orang lain. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Cara menghilangkan bau ketiak menjadi ulasan menarik untuk diketahui. Tak jarang, bau kurang sedap tersebut membuat seseorang tidak percaya diri ketika berinteraksi atau membaur bersama orang lain.

Melansir laman Cleveland Clinic, bau badan termasuk pada bagian ketiak biasanya disebabkan karena bercampurnya bakteri dan keringat tubuh. Intensitas baunya turut dipengaruhi hal-hal lain seperti hormon, makanan yang dikonsumsi, obat-obatan, hingga riwayat kesehatan.

Kondisi bau ketiak tentu membuat orang yang bersangkutan tidak nyaman dan kurang percaya diri. Terlebih, jika baunya sudah menyebar, orang-orang disekitarnya akan ikut merasa risih.



Lalu, bagaimana cara menghilangkan bau ketiak? Berikut ini ulasannya sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (24/8/2024).

Cara Menghilangkan Bau Ketiak

1. Pakai Deodorant

Cara termudah menghilangkan bau ketiak menyengat adalah menggunakan deodorant. Saat ini, ada banyak jenis dan merek berbeda yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Beberapa produk deodorant mengandung bahan antibakteri yang bisa membantu mengurangi penyebab bau. Selain itu, Anda bisa juga memakai antiperspirant yang dapat menghambat keringat.

2. Batasi Konsumsi Makanan Penyebab Bau Ketiak

Tak banyak orang tahu, makanan atau minuman yang dikonsumsi ternyata dapat menjadi penyebab bau ketiak. Biasanya, hal ini mencakup jenis minuman berkafein, makanan pedas hingga makanan berbau kuat yang membuat kita berkeringat lebih banyak.

Menghilangkan kebiasaan konsumsi makanan di atas dapat menguranginya penyebab bau ketika. Sebagai ganti, Anda dapat memperbanyak konsumsi sayuran hijau dan buah-buahan yang bisa membantu menetralkan bau badan.

3. Pilih Bahan Pakaian yang Tepat

Menyengatnya bau ketiak sering terjadi ketika keringat berinteraksi dengan bahan-bahan pakaian tertentu. Maka dari itu, Anda perlu memilih pakaian yang tepat sesuai dengan aktivitas.

Misal pakaian sehari-hari, gunakan bahan alami seperti katun dan sutra yang memungkinkan kulit tetap bernapas. Sementara untuk berolahraga, pilih kain sintetis yang dirancang menyerap kelembaban dari kulit.


4. Pilih Bahan Alami

Bau ketiak dapat dihilangkan dengan beberapa bahan alami seperti cuka apel hingga minyak kelapa. Bahan tersebut digunakan sebagai pengganti deodorant.

Alasannya, cuka apel dipercaya dapat menetralkan pH kulit dan membunuh bakteri. Sedangkan minyak kelapa memiliki sifat antibakteri.

5. Kelola Stres

Stres ternyata juga dapat menyebabkan bau ketiak. Mengutip MedicalNewsToday, kelenjar apokrin menanggapi secara langsung terhadap norepinefrin, hormon yang beredar selama respons stres.

Keringat yang dihasilkan kelenjar ini dapat bereaksi dengan bakteri pada kulit. Hasilnya, bisa menciptakan bau yang lebih kuat dan dikaitkan orang dengan keringat stres.

Itulah beberapa cara menghilangkan bau ketiak dengan mudah. Semoga bermanfaat.
(tsa)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1373 seconds (0.1#10.140)