Dokter Ungkap Pentingnya Air dengan Mineral Essensial buat Para Atlet

Kamis, 15 Juni 2023 - 11:42 WIB
loading...
Dokter Ungkap Pentingnya Air dengan Mineral Essensial buat Para Atlet
Seorang atlet harus memperhatikan kebutuhan air atau cairan dalam tubuh ketika menjalani olah raga. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Seorang atlet harus memperhatikan kebutuhan air atau cairan dalam tubuh ketika menjalani olah raga. Sebagaimana atlet yang berlaga di ajang badminton Indonesia Open 2023

Atlet yang berkompetisi membutuhkan air mineral yang tepat untuk mengganti cairan tubuh hilang melalui keringat dan urine. Kekurangan cairan dan mineral bagi seorang atlet dapat mengganggu performa saat bertanding.

"Air mineral yang berkualitas sangat penting bagi seorang atlet untuk menghindarkan mereka dari kekurangan cairan dan juga mineral. Mereka memiliki kebutuhan cairan dan mineral yang lebih banyak dari orang lainnya," terang dokter umum, dr. Tjahyadi Soegiono di tengah perhelatan Indonesia Open 2023 di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, baru-baru ini.



Dokter Tjahyadi memaparkan bahwa suatu keharusan bagi atlet untuk menjaga takaran cairan dan juga kualitas mineralnya. Apabila orang pada umumnya butuh minum minimal 2,5 liter, maka seorang atlet bisa di atas 3 liter. Demikian pula untuk kebutuhan mineralnya.

Mineral ini, menurutnya, merupakan nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh manusia dalam proses fisiologis agar organ tubuh menjalankan fungsinya dengan baik.

"Takaran mineral atlet harus lebih dibanding orang biasa. Bergantung pada beratnya kondisi latihan atau pertandingan," papar tenaga kesehatan yang bertugas sebagai Kepala Bidang Kesehatan turnamen Indonesia Open 2023 ini.

Lebih jauh, dia membeberkan bahwa air kemasan dengan mineral esensial disarankan untuk dikonsumsi sehari-hari oleh para atlet. Selain itu, air tersebut sudah harus teruji secara klinis dan aman dikonsumsi.

"Selain atlet, masyarakat juga harus cermat memilih air mineral yang kandungan mineral esensialnya berkualitas untuk menjaga kebugaran tubuh setiap hari. Kandungan mineral tersebutlah yang kemudian akan terasa lebih segar dan dapat memberi pengaruh baik pada tubuh," jelas dr. Tjahyadi.

Ketua Panitia Pelaksana Indonesia Open 2023, Armand Darmadji menyebutkan bahwa merupakan hal yang penting dalam memilih air mineral untuk dikonsumsi para atlet yang berlaga. Pasalnya, setiap atlet perlu standar mineral essensial yang tinggi dan presisi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2563 seconds (0.1#10.140)