Perempuan Ini Idap Bronkitis Gegara Pacar Merokok, Gejalanya Sesak Napas

Senin, 19 Juni 2023 - 09:45 WIB
loading...
Perempuan Ini Idap Bronkitis Gegara Pacar Merokok, Gejalanya Sesak Napas
Media sosial dihebohkan dengan kisah perempuan mengidap bronkitis karena pacar yang merokok. Kisah ini pertama kali dibagikan oleh akun Twitter @rrrrraarrrra. Foto/Twitter @rrrrraarrrra
A A A
JAKARTA - Media sosial dihebohkan dengan kisah seorang perempuan mengidap bronkitis karena pacar yang merokok . Kisah ini pertama kali dibagikan oleh akun Twitter @rrrrraarrrra.

Perempuan yang tidak diketahui identitasnya itu mengaku awalnya tidak pernah sakit. Dia pun hidup dengan sehat sampai akhirnya bertemu sang pacar yang merokok dan membuatnya sering masuk rumah sakit akibat paparan asap rokok.

"Sejak dia datang, sering hirup asap rokok kalau dia merokok, soalnya selalu merokok di samping," kata perempuan itu dikutip Senin (19/6/2023).

Perempuan ini akhirnya memutuskan untuk melakukan pemeriksaan laboratorium dan divonis mengidap bronkitis. Penyakit ini membuatnya sering sesak napas, napas pendek, hingga dada terasa sesak.



Paparan asap rokok juga membuat perempuan ini dilarikan ke IGD sebanyak lima kali. Dia pun sempat mendapatkan perawatan intensif di rumah sakit sebanyak lima kali sejak 2022 hingga 2023.

"Buat kamu yang masih ngerokok dekat orang lain, kamu jahat banget. Kamu nyelakain diri kamu sendiri dan orang lain," jelas perempuan itu.

Meski demikian, perempuan ini mengaku tidak pernah mengalami batuk. Hanya saja, dia sering merasakan gejala bronkitis seperti sesak napas.

"Gejala awalnya kalau aku nggak batuk, aku nggak pernah batuk-batuk, tapi aku sesak napas," ungkapnya.



Pada awalnya, dia mengira sesak napas yang dialami karena asam lambung. Namun berdasarkan pemeriksaan dokter, perempuan ini divonis mengidap masalah pernapasan yakni bronkitis.

"Dokter sudah curiga kalau saluran pernapasan aku ada infeksi. Aku sih bilang dalam hati, 'Nggak mungkin, orang nggak pernah batuk kok'. Setelah dirontgen, hasilnya bronkitis. Setelah itu malah sering batuk dan benar-benar sesak napas," ungkapnya.

"Rasa sesaknya itu kayak napas kita pendek, kayak ada yang nyumbat di atas dada atau ujung tenggorokan," tandasnya.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1649 seconds (0.1#10.140)