Mengapa Ganti Pembalut 4 Jam Sekali Penting saat Menstruasi? Ini Kata Ahli Kesehatan

Selasa, 20 Juni 2023 - 19:10 WIB
loading...
Mengapa Ganti Pembalut 4 Jam Sekali Penting saat Menstruasi? Ini Kata Ahli Kesehatan
Saat menstruasi, kebersihan area vagina menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Foto/Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Saat menstruasi , kebersihan area vagina menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Caranya dengan melaksanakan manajemen kebersihan menstruasi (MKM), yang dinilai penting untuk disosialisasikan dan diterapkan bagi semua perempuan.

Apalagi, hasil survei menyebut bahwa frekuensi ganti pembalut selama 4 jam sekali, guna menjaga kebersihan area vagina, hanya dilakukan oleh 28% perempuan Indonesia. Selebihnya, mereka mengganti pembalut di atas 4 jam, atau bahkan 11 jam sekali.

Hal ini tentunya dapat memberikan dampak negatif bagi kesehatan reproduksi perempuan. Sebab dapat menimbulkan kuman dan bakteri yang menyebabkan penyakit di area vagina seperti infeksi saluran kencing, infeksi saluran reproduksi, iritasi pada kulit, bau tidak sedap, dan juga bakteri.

Praktisi kesehatan dr. Anggara Mahardika, SpOG mengatakan kebersihan saat menstruasi menjadi salah satu kunci kesehatan reproduksi perempuan. Mewujudkan kondisi ini, kata dia sesungguhnya bisa dilakukan dengan cara yang mudah.



"Untuk menjaga kebersihan menstruasi dapat dilakukan baik dari dalam tubuh seperti menjaga pola makan bergizi, olahraga teratur atau tetap aktif," ujar Anggara dalam keterangannya yang dikutip, Selasa (20/6/2023).

Upaya menjaga kebersihan tubuh dari luar, kata dia juga harus dilakukan. Salah satunya dengan rajin mengganti pembalut.

"Dan juga dari luar tubuh seperti rajin mengganti pembalut setiap 4 jam sekali atau segera saat pembalut terasa lembap atau penuh walaupun durasi penggunaannya belum 4 jam," jelasnya.

Sementara itu, Susilowati selaku Vice President Marketing PT Kao Indonesia menjelaskan Laurier sebagai salah satu merek pembalut, telah menyatakan komitmennya untuk membantu meningkatkan kesadaran manajemen kebersihan menstruasi bagi perempuan Indonesia.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1362 seconds (0.1#10.140)