Tips Memilih Pembalut Wanita Ramah Lingkungan dan Aman dari Charm

Rabu, 26 Juni 2024 - 18:55 WIB
loading...
Tips Memilih Pembalut Wanita Ramah Lingkungan dan Aman dari Charm
(Kiri-Kanan) Charm Cooling Fresh Bio Day & Night dan Charm Daun Sirih Bio Day & Night. (Foto: Unicharm)
A A A
JAKARTA - Saat menstruasi, wanita menggunakan pembalut agar tetap dapat beraktivitas seperti biasa tanpa khawatir bocor. Namun, jika memilih pembalut yang tidak terjamin keamanannya serta cara penggunaannya juga tidak tepat, maka akan berisiko menimbulkan berbagai masalah kulit, seperti iritasi dan ruam.

Di sisi lain, seiring dengan semakin maraknya permasalahan lingkungan yang terjadi di seluruh dunia, mulai dari pemanasan global, perubahan iklim dan risiko habisnya sumber daya alam, maka dibutuhkan produk yang tidak hanya sesuai dengan kebutuhan konsumen, tetapi juga mampu mengurangi beban lingkungan.

Pada artikel kali ini, Charm akan memperkenalkan produk pembalut wanita ramah lingkungan, dan tips memilih pembalut yang aman dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr Kardiana Purnama Dewi.

Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab Sebagai Tujuan SDGs

Minyak bumi adalah bahan dasar untuk berbagai macam hal, misalnya bahan bakar kendaraan, botol minuman, kantong plastik, serat kain yang digunakan dalam pakaian, dan masih banyak lainnya. Hal ini menjadikan keberadaan minyak bumi sangat penting dalam kehidupan manusia. Namun, jumlah minyak bumi terbatas karena terbentuk dari dekomposisi dan transformasi bahan organik yang terakumulasi dibawah tanah selama jutaan tahun.

Menurut BP Statistical Review of World Energy 2021, minyak bumi diperkirakan akan habis sekitar 50 tahun mendatang dan jika hal ini terjadi maka akan memberikan dampak yang sangat besar bagi kehidupan manusia.

Guna melindungi sumber daya alam yang terbatas seperti minyak bumi, PBB (Persatuan Bangsa-Bangsa) di dalam salah satu dari 17 Sustainable Development Goals(SDGs) yang dicanangkan menjadikan “produksi dan konsumsi yang bertanggung jawab” sebagai salah satu target yang ingin diraih. Tidak hanya itu, bertujuan pula untuk mendorong konsumen dan produsen di seluruh dunia untuk mengambil tindakan bertanggung jawab demi melindungi manusia dan Bumi.

Belakangan ini, semakin banyak organisasi maupun perusahaan yang melakukan berbagai inisiatif demi berkontribusi pada target ini. Menanggapi perubahan lingkungan tersebut, Charm yang sejak 2021 telah proaktif dalam mengembangkan produk ramah lingkungan, pada hari lingkungan hidupse-dunia tahun ini meluncurkan pembalut wanita yang menggunakan bio material, yaitu Charm Cooling Fresh Bio dan Charm Daun Sirih Bio dalam edisi terbatas. Sebagai informasi, bio material adalah bahan dasar yang berasal dari biomass atau bio mineral.

Kedua produk tersebut tersedia dalam dua varian, yaitu day untuk siang hari dan night untuk malam hari. Bio material berasal dari alam sehingga relatif aman bagi konsumen dan lingkungan, serta sejalan dengan tujuan perwujudan lingkungan yang berkelanjutan atau sustainable.

Keunggulan Charm Cooling Fresh Bio dan Charm Daun Sirih Bio

Charm Cooling Fresh Bio menggunakan bio material pada bagian kemasan, top sheet, back sheet, side sheet, dan wing sheet. Keunggulan utama dari produk ini adalah sensasi dingin ketika digunakan, sehingga cocok untuk konsumen di Indonesia yang memiliki iklim tropis.

Meskipun cuaca panas, namun tidak khawatir lembap dan dapat beraktivitas dengan nyaman. Sedangkan Charm Daun Sirih Bio mengandung daun sirih yang terkenal secara turun temurun di Indonesia sebagai tumbuhan yang memiliki efek mencegah bau, mengatasi kecemasan konsumen akan masalah bau saat menstruasi. Bio material dalam produk ini digunakan pada seluruh komponen, mulai dari cover sheet, second sheet, hingga ke kemasan individualnya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0990 seconds (0.1#10.140)
pixels