Inspirasi untuk Para Pejuang ASI lewat Foto di Pekan Menyusui Dunia

Minggu, 26 Juli 2020 - 13:27 WIB
loading...
Inspirasi untuk Para Pejuang ASI lewat Foto di Pekan Menyusui Dunia
Mothercare mengadakan kontes foto ibu dan anak di Instagram bertajuk Fed with Love and Care. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Air susu ibu (ASI) merupakan makanan terbaik bagi bayi. Pemberian ASI selama minimal enam bulan hingga anak berusia 2 tahun sangat dianjurkan untuk mendukung tumbuh kembang optimal si buat hati.

Menyambut Pekan Menyusui Dunia (World Breastfeeding Week), ada baiknya para wanita, terkhusus calon ibu, memahami manfaat pemberian ASI untuk anak, ibu, maupun lingkungan. Berikut ulasannya. ( )

1. Kandungan zat gizi pada ASI meliputi karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Zat gizi tersebut membantu perkembangan sensorik dan kognitif pada otak anak serta memengaruhi perkembangan kemampuan intelektual anak serta perkembangan emosi yang lebih matang kelak ketika anak sudah lebih besar.

2. ASI cenderung lebih mudah dicerna oleh sistem pencernaan anak. ASI mengandung antibodi yang berfungsi sebagai pertahanan mukosa di saluran cerna untuk melindung anak dari infeksi sehingga membantu menguatkan sistem daya tahan tubuh si kecil dari serangan penyakit.

3. Dengan memberikan ASI kepada anak dapat menurunkan risiko ibu terserang penyakit tertentu seperti radang sendi sebesar 20% selama menyusui minimal 12 bulan, diabetes tipe 2 sebesar 4%-12%, hipertensi sebesar 11%, jantung sebesar 19%, serta kanker payudara dan ovarium sebesar 28%.

4. Hormon oksitosin yang dilepas selama proses menyusui membuat rahim berkontraksi lebih baik dan memudahkan mengembalikan rahim ke ukuran normal.

5. Menyusui adalah contoh utama dari hubungan mendalam antara kesehatan manusia dan ekosistem alam karena ASI merupakan makanan alami yang diproduksi tanpa polusi, kemasan, ataupun limbah. Maka, dengan memberikan ASI berarti para ibu telah berkontribusi menjadikan bumi lebih sehat.

Terkait dengan Pekan Menyusui Dunia yang akan diperingati pada 1-7 Agustus mendatang, retail produk orangtua dan anak-anak Mothercare ingin ikut mengingatkan kembali pentingnya memberikan ASI untuk tumbuh kembang si buah hati.

Senior Vice President Mothercare Indonesia Vasudev Kataria mengungkapkan, pihaknya selalu mendukung pilihan ibu dalam mengasuh anak. Salah satunya dengan memberi informasi sekaligus menyediakan keperluan terkait pemberian ASI pada anak.

"ASI merupakan makanan pertama terbaik untuk anak dan menyusui akan menjadi momen menggembirakan tak terlupakan baik bagi ibu maupun anak. Berbagai manfaat serta keuntungan bisa didapat melalui momen menyusui ini, tidak hanya menjalin kedekatan antara anak dan ibu, tetapi juga berdampak positif untuk lingkungan," kata Vasudev melalui rilis yang diterima SINDOnews. ( )

Guna memeriahkan Pekan Menyusui Dunia ini pula, Mothercare mengajak para ibu untuk menjadi pejuang ASI dengan memberikan ASI minimal 6 bulan. Selain itu, para ibu bisa menunjukkan kasih sayang kepada anak mereka dengan mengikuti kontes foto di Instagram bertajuk "Fed with Love and Care". Caranya adalah dengan mengunggah foto ibu dan si kecil, lalu sertakan cerita Anda untuk menginspirasi ibu-ibu lain agar tetap semangat menjadi pejuang ASI.

Gunakan hashtag #gembiramenyusui dan #breastfeedingweek2020 serta tandai akun @mothercareindo. Kontes ini akan ditutup pada 31 Juli 2020 dan tiga orang pemenang bakal diumumkan melalui akun Instagram @mothercareindo pada periode Pekan Menyusui Dunia.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1385 seconds (0.1#10.140)