Pakar Nutrisi AS Rekomendasikan Kacang Tanah Masuk dalam MPASI

Minggu, 26 Juli 2020 - 09:16 WIB
loading...
Pakar Nutrisi AS Rekomendasikan Kacang Tanah Masuk dalam MPASI
Pola makan sehat pada bayi berumur 0-24 bulan dan selama dalam kandungan serta periode menyusu sangat penting untuk mendukung pertumbuhan sekaligus perkembangan di masa balita, kanak-kanak, remaja, hingga dewasa. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Sejumlah pakar nutrisi di Amerika Serikat (AS) mengeluarkan panduan terbaru terkait pemberian makanan pendamping ASI (MPASi) untuk bayi. Pada salah satu poin panduan itu disebutkan bahwa penting untuk memberikan bayi MPASI berupa kacang tanah agar si kecil terhindar dari alergi.

Komite Penasihat yang beranggotakan para pakar dari dua kementerian di AS, yakni Departemen Pertanian dan Departemen Kesehatan, belum lama ini mengeluarkan laporan berisi panduan makan sehat bagi anak di rentang usia 0-2 tahun. Kesimpulan pada laporan tersebut menyatakan, diet sehat di 24 bulan pertama kehidupan anak bakal memengaruhi kondisi kesehatan si kecil saat sudah beranjak dewasa. ( )

Laporan bertajuk "Dietary Guidelines Advisory Committee 2020" itu menegaskan bahwa pola makan sehat pada bayi berumur 0-24 bulan dan selama dalam kandungan serta periode menyusu sangat penting untuk mendukung pertumbuhan sekaligus perkembangan di masa balita, kanak-kanak, remaja, hingga dewasa.

Isi laporan tersebut menegaskan, periode 1.000 hari pertama kehidupan tidak hanya berkontribusi pada kesehatan jangka panjang, tapi juga membantu membangun preferensi rasa serta pemilihan makanan pada anak. Selain itu, Komite juga mengatakan, pemberian makanan padat nutrisi secara berlebihan di awal kehidupan dapat memicu timbulnya faktor risiko yang dihubungkan dengan penyakit kronis di kemudian hari.

Mengutip laman Fox News, berikut adalah enam poin utama di dalam "Dietary Guidelines Advisory Committee 2020" yang berkaitan dengan kebiasaan makan anak serta ibu hamil.

1. Jangan Tambahkan Gula pada MPASI
Sebelum bayi menginjak usia 24 bulan, pantang bagi orangtua memberikan anak mereka makanan ataupun minuman yang mengandung gula tambahan. Energi yang dihasilkan dari makanan dan minuman dengan gula tambahan dapat menggantikan zat-zat yang diperoleh dari makanan padat gizi, sehingga malah meningkatkan risiko kekurangan nutrisi pada bayi.

Para pakar telah membuat hubungan antara konsumsi minuman manis dengan kegemukan atau obesitas. Mereka menyebut, hampir 70% gula tambahan didapatkan dari produk minuman manis, dessert, camilan manis, dan cokelat. ( )

2. ASI Lebih Baik
ASI sudah terbukti mampu mengurangi risiko kelebihan berat badan, diabetes tipe 1, dan penyakit asma. Bayi yang diberi ASI memiliki risiko lebih rendah terhadap tiga persoalan tersebut dibandingkan bayi yang tidak pernah disusui ASI.

3. Jangan Beri Makanan Solid Sebelum Bayi Berumur 4 Bulan
Penelitian telah menunjukkan bahwa memberi makan bayi sebelum berumur empat bulan berhubungan dengan peningkatan risiko obesitas pada usia anak 2-12 tahun. Terlebih lagi pada bayi yang diberi susu formula, karena mereka tidak bisa mengatur perasaan kenyang seperti halnya bayi yang diberi ASI.

4. Perkenalkan Kacang Tanah dan Telur Sejak Dini untuk Kurangi Alergi
Para pakar di Komite Penasihat AS menemukan bahwa memberi kacang tanah dan telur dalam bentuk yang sesuai untuk bayi setelah mereka berusia di atas empat bulan dapat mengurangi risiko alergi makanan. Komite juga menyebut, tidak akan berbahaya memperkenalkan makanan yang berpotensi menyebabkan alergi pada tahapan usia anak di atas empat bulan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1378 seconds (0.1#10.140)