Mengenal Hiperkolesterolemia, Penyakit Kolesterol Tinggi yang Diturunkan Keluarga

Senin, 26 Juni 2023 - 09:27 WIB
loading...
Mengenal Hiperkolesterolemia, Penyakit Kolesterol Tinggi yang Diturunkan Keluarga
Hiperkolesterolemia adalah kondisi ketika kadar kolesterol terlalu tinggi di dalam darah. Jika tidak ditangani, kondisi ini bisa mempersempit pembuluh darah yang memicu penyakit jantung. Foto/Dok Sindonews
A A A
JAKARTA - Pernah mendengar istilah Hiperkolesterolemia? Atau istilah familiarnya kolesterol . Hiperkolesterolemia adalah kondisi ketika kadar kolesterol terlalu tinggi di dalam darah.

Jika tidak ditangani, kolesterol dapat menumpuk dan mempersempit pembuluh darah sehingga meningkatkan risiko terjadinya serangan jantung atau stroke. Berikut ulasan mengenai Hiperkolesterolemia

Kolesterol adalah salah satu jenis lemak yang dihasilkan oleh hati.Tubuh memerlukan kolesterol untuk membentuk sel-sel sehat, memproduksi sejumlah hormon, dan menghasilkan vitamin D.Selain dihasilkan oleh hati, kolesterol juga berasal dari makanan, seperti kuning telur, lemak daging, atau kerang.

Kolesteror Jahat (LDL) dan Kolesterol Baik (HDL)
Mengenal Hiperkolesterolemia, Penyakit Kolesterol Tinggi yang Diturunkan Keluarga

Foto/alodokter

Kolesterol di dalam darah terikat pada protein dan membentuk kombinasi yang disebut liporotein. Lipoprotein sendiri terbagi menjadi dua jenis yang masing-masing fungsinya berbeda, yaitu low-density lipoprotein (LDL) dan high-density lipoprotein (HDL).

LDL berfungsi membawa kolesterol ke seluruh tubuh melalui arteri. Jika kadarnya terlalu tinggi, LDL akan menumpuk di dinding pembuluh darah dan membentuk plak yang disebut aterosklerosis.

Plak ini dapat membuat pembuluh darah menyempit dan mengeras. Oleh sebab itu, LDL biasa disebut sebagai kolesterol jahat.
Sementara itu, HDL berfungsi mengembalikan kolesterol yang berlebihan ke hati untuk dikeluarkan dari tubuh. Oleh sebab itu, HDL dikenal juga sebagai kolesterol baik.

Lemak Trigliserida
Mengenal Hiperkolesterolemia, Penyakit Kolesterol Tinggi yang Diturunkan Keluarga

Foto/ist

Selain kolesterol, ada jenis lemak lain yang disebut sebagai trigliserida. Lemak ini diperoleh dari asupan kalori yang berlebihan. Berbeda dengan kolesterol yang menghasilkan sel dan hormon tertentu, trigliserida berfungsi menghasilkan energi.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1144 seconds (0.1#10.140)