5 Khasiat Tempe untuk Kesehatan, Atasi Kolesterol dan Diabetes

Senin, 26 Juni 2023 - 10:23 WIB
loading...
5 Khasiat Tempe untuk Kesehatan, Atasi Kolesterol dan Diabetes
Tempe biasa dijjual di banyak warung sayuran pinggir jalan. Selain murah, tempe juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan salah satunya menurunkan kadar kolesterol. Foto/Dok Sindonews
A A A
JAKARTA - Mengkonsmsi tempe secara rutin ternyata bisa menurunkan kolesterol.Tempe merupakan makanan favorit masyarakat Indonesia. Produk kedelai fermentasi ini biasa digunakan sebagai pengganti daging untuk vegetarian.

Kandungan isoflavon pada kedelai telah lama dikenal dengan kemampuannya dalam menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Selain itu,kandungan isoflavon pada tempe dapat membantu menekan risiko penyakit diabetes.Berikut ulasan mengenai manfaat tempe, salah satunya untuk menurunkan kadar kolesterol.

Kandungan Tempe Berfungsi Antikanker
5 Khasiat Tempe untuk Kesehatan, Atasi Kolesterol dan Diabetes

Foto/dok Sindonews

Kandungan tempe yang memiliki bioaktif isoflavon ternyata tidak hanya bermanfaat sebagai antioksidan saja, melainkan juga mempunyai fungsi fisiologi yakni sebagai antikanker.

Antikanker juga sering disebut sebagai obat sitostatika, yang umumnya digunakan untuk membunuh atau menghambat mekanisme proliferasi sel kanker.

Kandungan tempe seperti antioksidan isoflavon, saponin, fitosterol dan asam fitat, memiliki fungsi sebagai antikanker.
Sehingga tidak heran, jika manfaat tempe untuk kesehatan dalam mencegah kanker sangatlah baik.

Kandungan Isoflavon di Kedelai Ampuh Atasi Kolestrol
5 Khasiat Tempe untuk Kesehatan, Atasi Kolesterol dan Diabetes

Foto/dok sindonews

Kandungan isoflavon pada kedelai telah dikenal dengan kemampuannya dalam menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Bahkan, isoflavon juga dapat membantu menurunkan kadar trigliserida yang telah dikaitkan dengan risiko penyakit jantung.



Sementara itu, kandungan isoflavon pada tempe dapat membantu menekan risiko penyakit diabetes.Sebuh penelitian menunjukkan kalau mengonsumsi 100 miligram isoflavon dari kacang kedelai dapat mengurangi kadar gula darah dan insulin.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1410 seconds (0.1#10.140)