Hindari Konsumsi 3 Ikan Air Tawar Ini setelah Pesta Makan Daging Kambing

Senin, 26 Juni 2023 - 19:03 WIB
loading...
Hindari Konsumsi 3 Ikan Air Tawar Ini setelah Pesta Makan Daging Kambing
Hindari Konsumsi 3 Ikan Air Tawar Ini setelah Pesta Makan Daging Kambing
A A A
JAKARTA - Terdapat 3 ikan air tawar dengan kadar kolesterol paling tinggi yang sebaiknya dihindari setelah mengonsumsi daging kambing.

Meskipun kadar kolesterol pada ikan air tawar ini umumnya lebih rendah dibandingkan dengan ikan air laut, namun tetap perlu membatasi konsumsinya. Menurut laman Healthline, National Institutes of Health merekomendasikan agar kadar kolesterol dalam tubuh tetap di bawah 200 mg/dL untuk menjaga kesehatan.

Disarankan untuk tidak mengonsumsi ikan-ikan dengan kadar kolesterol mendekati atau melebihi batas tersebut, karena hal ini dapat memicu berbagai penyakit lain.


Berikut 3 ikan air tawar dengan kadar kolesterol paling tinggi:

1. Ikan Bawal

Ikan air tawar pertama dengan kadar kolesterol tertinggi adalah ikan bawal. Meskipun ikan ini populer sebagai lauk pauk di Indonesia, sebaiknya konsumsinya dibatasi atau bahkan dihindari. Ikan bawal memiliki kadar kolesterol sebesar 94 mg per 100 gram bahan mentah berdasarkan jurnal berjudul Kandungan Kolesterol dalam Berbagai Bahan Makanan Hewani karya Muhamad Saidin. Meski demikian, ikan ini masih mengandung nutrisi baik seperti omega 3, vitamin A, vitamin B12, vitamin D3, potasium, dan tinggi DHA.

2. Ikan Nila

Ikan nila, seperti halnya lele, juga menjadi favorit masyarakat Indonesia. Bahkan, banyak orang yang membudidayakan ikan ini. Berdasarkan jurnal Kandungan Kolesterol dalam Berbagai Bahan Makanan Hewani, ikan nila memiliki kandungan kolesterol sebesar 90 mg per 100 gram bahan mentah. Karena itu, penderita kolesterol sebaiknya menghindari konsumsi ikan ini. Meskipun ikan nila mengandung nutrisi lain seperti kalori, protein rendah lemak, dan beberapa vitamin.


3. Ikan Lele

Ikan lele merupakan ikan air tawar yang mudah ditemukan dan sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia. Namun, bagi penderita kolesterol tinggi, sebaiknya menghindari atau membatasi konsumsi ikan ini. Menurut jurnal yang sama, ikan lele lokal memiliki kadar kolesterol sebesar 94 mg per 100 gram bahan mentah. Sementara itu, lele dumbo memiliki kadar yang sedikit lebih rendah, yaitu sekitar 83 mg per 100 gram bahan mentah. Pernyataan dari Dr. Arikawe Adeolu juga mengatakan bahwa ikan lele mengandung kolesterol yang sangat tinggi.

Dalam rangka menjaga kesehatan dan mengendalikan kadar kolesterol, sebaiknya mengurangi atau menghindari konsumsi 3 jenis ikan air tawar tersebut setelah pesta makan daging kambing. Tetap menjaga pola makan yang seimbang dan mengonsumsi ikan dengan kadar kolesterol lebih rendah untuk membantu menjaga kesehatan tubuh.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1215 seconds (0.1#10.140)