5 Cara Menurunkan Kolesterol usai Makan Daging di Iduladha, Nomor Terakhir Paling Mudah

Jum'at, 30 Juni 2023 - 06:30 WIB
loading...
5 Cara Menurunkan Kolesterol usai Makan Daging di Iduladha, Nomor Terakhir Paling Mudah
Cara menurunkan kolesterol setelah menyantap daging kurban di momen Hari Raya Iduladha 2023 penting diketahui. Foto/Ilustrasi/Times of India
A A A
JAKARTA - Cara menurunkan kolesterol setelah menyantap daging kurban di momen Hari Raya Iduladha 2023 penting diketahui. Terutama bagi Anda yang gemar mengonsumsi olahan daging kambing dan sapi berlebih.

Sebagaimana diketahui, kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko terjadinya gangguan kesehatan, diantaranya jantung.

Lantas bagaimana cara menurunkan kolesterol usai makan daging kurban di momen Iduladha 2023 ini?Berikut ulasannya sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber.

Cara Menurunkan Kolesterol usai Makan Daging di Iduladha

1. Hindari Lemak Trans

Salah satu cara menurunkan kolesterol usai makan daging adalahhindari konsumsi lemak trans dalam makanan. Lemak trans sering terdaftar sebagai "minyak sayur terhidrogenasi parsial" pada label produk makanan.



Zat seperti ini dapat kalian temukan di dalam makanan seperti margarin, biskuit, kerupuk, dan kue.

Makanan yang mengandung lemak trans dapat meningkatkan kadar kolesterol.

Sebagai alternatifnya, kita dapat menggunakan margarin yang diperkaya dengan sterol tumbuhan, senyawa "mirip kolesterol" yang terdapat dalam buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan sereal.

2. Pilih Makanan Penurun Kolesterol

Ada beberapa jenis makanan yang terbukti dapat mengurangi risiko kolesterol Low-Density Lipoprotein (LDL) dan penyakit jantung.

Makanan tersebut adalah protein nabati dari makanan berbahan dasar kedelai, seperti tahu, susu kedelai, kacang polong, kacang buncis, atau pengganti daging berbahan dasar kedelai lainnya.

3. Konsumsi Makanan Mengandung Asam Lemak Omega-3

Selanjutnya untuk menurunkan kolesterol setelah mengonsumsi daging adalah mulai tingkatkan konsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega-3.

Makanan yang mengandung kaya akan omega-3 disebut mampu membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah.

Mengonsumsi asam lemak omega-3 dua kali seminggu dapat mengurangi risiko penyakit arteri koroner.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1562 seconds (0.1#10.140)