Bisa Atasi Masalah Psikosomatis hingga Fobia, Apa Itu Hipnoterapi?

Kamis, 29 Juni 2023 - 14:16 WIB
loading...
Bisa Atasi Masalah Psikosomatis hingga Fobia, Apa Itu Hipnoterapi?
Hipnoterapi dalam beberapa waktu belakangan sering digunakan untuk mengubah suatu kebiasaan, serta mengatasi rasa cemas maupun trauma. / Foto: ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Mungkin banyak di antara Anda yang mendengar istilah hipnoterapi. Hipnoterapi dalam beberapa waktu belakangan sering digunakan untuk mengubah suatu kebiasaan, serta mengatasi rasa cemas maupun trauma .

Menurut ahli hipnoterapi, Aria Surya, hipnoterapi merupakan suatu terapi psikis, mental, dan emosi menggunakan metode hipnosis .

"Ya, terapi ini biasa digunakan untuk mengatasi gangguan pikiran, perasaan, atau perilaku pada seseorang," kata Aria Surya dalam keterangan tertulisnya, baru-baru ini.



Sedangkan hipnosis, lanjut dia, adalah suatu kondisi rileks di mana dalam keadaan tersebut sugesti atau saran dapat diterima pikiran bawah sadar dengan mudah dan efektif.

"Selama proses terapi, klien akan tetap sadar dan dapat merasakan apa yang dia lewati dalam proses. Terapis akan membimbing klien untuk rileks dan fokus guna menyelesaikan akar masalahnya," tutur Aria.

Pada kesempatan ini, Aria juga memaparkan bagaimana proses hipnoterapi bekerja. Menurutnya, klien akan dibimbing seorang hipnoterapis memasuki kondisi trance, yakni kondisi pikiran yang sangat reseptif memungkinkan klien mengakses memori bawah sadar dan emosi, yang selama ini menjadi sumber masalah, tanpa gangguan dan intervensi dari pikiran sadar.

"Dengan demikian, klien di bawah bimbingan hipnoterapis, dapat melakukan resolusi trauma, rekonstruksi memori, dan melepaskan emosi negatif yang selama ini mengganggu hidup, dan sembuh dari keluhan psikisnya," jelas Aria, yang sangat lekat dengan perkembangan hipnoterapi modern di Indonesia.

Bisa Atasi Masalah Psikosomatis hingga Fobia, Apa Itu Hipnoterapi?
(Foto: Instagram Aria Surya)

Aria dalam praktiknya telah mengajarkan hipnosis dan hipnoterapi kepada ribuan orang Indonesia dari berbagai latar belakang, bahkan kalangan artis dan selebritas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3123 seconds (0.1#10.140)