Deretan Manfaat Olahraga untuk Kolesterol, Ampuh Usir Lemak Jahat

Jum'at, 30 Juni 2023 - 10:18 WIB
loading...
Deretan Manfaat Olahraga untuk Kolesterol, Ampuh Usir Lemak Jahat
Olahraga memiliki banyak manfaat untuk kolesterol. Salah satu yang sudah terbukti adalah olahraga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Olahraga memiliki banyak manfaat untuk kolesterol . Salah satu yang sudah terbukti adalah olahraga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi akibat lemak jahat yang menumpuk dalam darah.

Bagaimana tepatnya olahraga bekerja dalam menurunkan kadar kolesterol masih belum sepenuhnya jelas. Namun, studi terbaru mengungkapkan beberapa cara olahraga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi .

Dilansir dari Verywell Health, Jumat (30/6/2023) beberapa penelitian menunjukkan bahwa olahraga dapat mengubah kolesterol jahat (LDL). Lipoprotein yang lebih kecil, seperti LDL yang kecil dan padat, telah dikaitkan dengan kontribusi terhadap penyakit kardiovaskular.

Namun, memiliki partikel LDL yang lebih besar tidak membawa risiko yang sama. Penelitian telah menunjukkan bahwa olahraga ringan dapat meningkatkan ukuran partikel LDL Anda, yang dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit kardiovaskular.



Dalam sebuah penelitian, program latihan ketahanan selama 12 minggu mengurangi LDL kecil dan padat hingga 17 persen. Sementara itu, beberapa penelitian pada tikus menunjukkan olahraga dapat meningkatkan pengangkutan kolesterol dari aliran darah ke hati, sehingga disaring keluar dari tubuh.

Penelitian lainnya juga menunjukkan bahwa latihan daya tahan selama delapan hingga 12 minggu dapat sedikit mengurangi penyerapan kolesterol dari usus kecil ke dalam aliran darah. Intinya olahraga ringan memiliki efek menguntungkan pada kadar kolesterol.

Beberapa penelitian lainnya menunjukkan olahraga ringan mengurangi kolesterol jahat hingga 10 persen. Fakta lainnya adalah berolahraga secara teratur dapat meningkatkan kolesterol baik atau HDL antara 3 persen dan 6 persen.

Sementara itu, jumlah dan jenis olahraga sangat bervariasi untuk menurunkan kolesterol. Untuk kesehatan jantung, The American Heart Association merekomendasikan melakukan latihan aerobik sedang selama 30 menit setiap hari selama minimal lima hari seminggu.



Untuk menurunkan kolesterol, Anda harus melakukan olahraga sedang hingga berat setidaknya selama 40 menit selama tiga hingga empat kali seminggu.

Jika Anda tidak dapat olahraga 30 atau 40 menit setiap hari, jangan khawatir. Anda dapat membagi waktu menjadi interval 10 atau 15 menit untuk mencapai jumlah total olahraga yang disarankan setiap hari dan mendapatkan manfaat kesehatan yang sama.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1440 seconds (0.1#10.140)