10 Negara Paling Tidak Sehat di Dunia, Warga Bulgaria Lebih Sering Merokok Ketimbang Makan Buah

Sabtu, 01 Juli 2023 - 22:00 WIB
loading...
10 Negara Paling Tidak Sehat di Dunia, Warga Bulgaria Lebih Sering Merokok Ketimbang Makan Buah
Daftar negara paling tidak sehat di dunia terus bertambah. Warga di negara tersebut menjalankan gaya hidup tidak sehat seperti lebih sering merokok. Foto/Covinnus Travel
A A A
JAKARTA - Daftar negara paling tidak sehat di dunia terus bertambah. Warga di negara tersebut menjalankan gaya hidup tidak sehat seperti lebih sering minum alkohol, dan merokok dibandingkan makan buah dan sayuran.

Menariknya, pilihan gaya hidup yang buruk tidak hanya menentukan individu tetapi juga negara.Medical Aid telah menganalisis tingkat kebiasaan tidak sehat di seluruh dunia dan menemukan 10 negara teratas dengan gaya hidup paling tidak sehat.

Dilansir dari Express, Sabtu (1/7/2023) melihat faktor-faktor, termasuk konsumsi alkohol, merokok, tembakau, tingkat obesitas, dan penyakit menular seksual (PMS) ditemukan bahwa Bulgaria menempati urutan teratas dalam daftar ini.

Terletak di Eropa Tenggara, Bulgaria memiliki tingkat merokok tertinggi, dengan sebanyak 35,5 persen penduduknya mengonsumsi produk tembakau. Skor ini menjadikan Bulgaria satu-satunya negara di mana angka ini lebih tinggi dari sepertiga.



Bulgaria juga memiliki konsumsi alkohol tahunan rata-rata tertinggi ketujuh yang ditandai dengan 11,2 liter per kapita. Menggabungkan skor ini dengan peringkat tinggi untuk sebagian besar faktor lainnya, Bulgaria mendapatkan total skor gaya hidup tidak sehat sebesar 7,94.

Medical Aid membuat daftar ini dengan menggunakan kumpulan data dari berbagai sumber termasuk Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan CIA Factbook.

Peneliti kemudian memampatkan data menjadi satu skor gaya hidup tidak sehat yang digunakan untuk memeringkat negara dengan kebiasaan paling tidak sehat hingga negara dengan kebiasaan paling sedikit.

Negara kedua dengan kebiasaan tidak sehat adalah Latvia dengan skor gaya hidup tidak sehat sebesar 7,16. Negara Baltik ini mencatat mengonsumsi alkohol tahunan tertinggi sebesar 12,9 liter per kapita, serta tingkat merokok tertinggi keempat.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1849 seconds (0.1#10.140)