4 Kebiasaan yang Menyebabkan Kolesterol Tinggi, Nomor 2 Dilakukan Tiap Hari

Selasa, 04 Juli 2023 - 08:45 WIB
loading...
4 Kebiasaan yang Menyebabkan Kolesterol Tinggi, Nomor 2 Dilakukan Tiap Hari
Setidaknya ada empat kebiasaan yang menyebabkan kolesterol tinggi. Kebiasaan tidak sehat ini dilakukan tiap hari dan menjadi kebiasaan yang sulit dihilangkan. Foto/Care From Nature
A A A
JAKARTA - Setidaknya ada empat kebiasaan yang menyebabkan kolesterol tinggi . Tanpa disadari, kebiasaan tidak sehat ini dilakukan tiap hari dan sudah menjadi kebiasaan yang sulit dihilangkan.

Kolesterol adalah zat lilin yang diproduksi oleh hati dan juga dapat ditemukan dalam makanan tertentu. Ada dua jenis kolesterol, yaitu kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL).

Kadar kolesterol jahat yang tinggi di dalam tubuh dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Berikut beberapa kebiasaan yang dapat menyebabkan kolesterol tinggi dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (4/7/2023).

Kebiasaan yang Menyebabkan Kolesterol Tinggi





1. Makan Tinggi Lemak Jenuh


Mengonsumsi makanan tinggi lemak jenuh, seperti daging merah, produk susu tinggi lemak, dan makanan olahan, dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat. Sebaiknya, pilihlah makanan rendah lemak, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan ikan berlemak.

Kurangnya aktivitas fisik, gaya hidup yang kurang aktif dapat menyebabkan peningkatan kadar kolesterol jahat dan penurunan kolesterol baik. Melakukan aktivitas fisik secara teratur, seperti jalan kaki, berlari, atau berenang, dapat membantu meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol jahat.

2. Merokok


Merokok tidak hanya berdampak buruk pada paru-paru, tetapi juga dapat menyebabkan kolesterol jahat naik dan menurunkan kadar kolesterol baik. Berhenti merokok adalah langkah penting bagi kesehatan jantung dan mengendalikan kadar kolesterol.



3. Kegemukan atau Obesitas


Kelebihan berat badan obesitas dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dan menurunkan kadar kolesterol baik. Menjaga berat badan yang sehat melalui pola makan seimbang dan olahraga teratur dapat membantu mengontrol kadar kolesterol.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1641 seconds (0.1#10.140)