4 Cara Menghilangkan Bekas Cacar yang Berlubang, Nomor 3 Paling Mudah

Selasa, 04 Juli 2023 - 19:35 WIB
loading...
4 Cara Menghilangkan Bekas Cacar yang Berlubang, Nomor 3 Paling Mudah
Cara menghilang bekas cacar yang berlubang tidaklah terlalu sulit. Mulai dari dibantu dengan alat hingga ada juga dengan cara alami. Foto/Ilustrasi/newsdigestblog
A A A
JAKARTA - Cara menghilang bekas cacar yang berlubang ternyata tidaklah terlalu sulit. Mulai dari dibantu dengan alat hingga ada juga dengan cara alami.

Diketahui, cacar merupakan salah permasalahan kulit yang hampir pernah dirasakan semua orang. Penyakit cacar memiliki beberapa jenis, mulai dari cacar air, cacar api, cacar monyet hingga cacar ular.

Cacar air merupakan jenis yang paling sering terjadi di kalangan masyarakat. Meski cukup umum, penyakit yang biasanya menyerang anak-anak ini juga meninggalkan bekas di kulit yang tentu membuat sebagian orang tak percaya diri.



Parahnya, bekas cacar pun juga bisa berlubang dan mengganggu penampilan. Jika sudah begini, tentu penderitanya ingin menghilangkan bekas tersebut. Penasaran, bagaimana cara menghilangkan bekas cacar yang sudah berlubang? Berikut informasinya.

4 Cara Menghilangkan Bekas Cacar yang Berlubang

1. Eksofilasi

Eksofliasi merupakan salah satu metode yang bisa membantu menghilangkan bekas cacar yang berlubang.
Cara ini bisa menghilangkan sel-sel kulit mati dan memberi ruang bagi kulit yang lebih muda dan tampak lebih baik.

Pengelupasan bekas luka dapat membantu menghilangkan sebagian kulit berpigmen atau kasar. Kamu bisa menggunakan produk efoliasi seperti lulur untuk mengikis kulit mati, sehingga bekas luka bisa cepat memudar.

2. Mikroneedling

Microneedling adalah prosedur yang menggunakan alat tipe rolling pin yang dilapisi jarum yang sangat kecil.

Microneedling merangsang produksi kolagen dan membuat kulit tampak lebih halus. Prosedur ini mungkin perlu diulang beberapa kali. Ini akan menjadi beberapa bulan sebelum hasilnya mulai terlihat.

3. Perawatan Natural

Perawatan natural merupakan cara yang paling mudah dalam menghilangkan bekas cacar yang berlubang. Anda bisa melakukan perawatan dengan bahan-bahan natural, seperti lidah buaya, krim kakao hingga essentials oil.

Lidah buaya telah diuji secara ekstensif dalam pengobatan luka. Menggunakannya secara rutin bisa mengurangi bekas cacar pada kulit.

4. Laser

Satu lagi metode untuk menghilangkan bekas cacar yang berlubang ialah laser. Terapi laser adalah salah satu perawatan bekas luka profesional yang paling umum digunakan. Ini dapat mengurangi munculnya bekas luka lama, memperbaiki bekas luka cacar air yang cekung, dan mengurangi warna bekas luka.

Perawatan laser dapat dilakukan secara rawat jalan dan biasanya tidak memerlukan sedasi. Dokter Anda akan menerapkan anestesi lokal topikal sebelum memberikan terapi cahaya. Prosedur ini dapat berlangsung dari 15 menit hingga 2 jam.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1208 seconds (0.1#10.140)