7 Bahan Jamu Penurun Kolesterol, Alami dan Manjur

Rabu, 05 Juli 2023 - 13:52 WIB
loading...
7 Bahan Jamu Penurun Kolesterol, Alami dan Manjur
Terdapat cukup banyak jenis obat dan metode pengobatan kolesterol. Salah satunya berupa jamu penurun kolesterol. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Terdapat cukup banyak jenis obat dan metode pengobatan kolesterol. Salah satunya berupa jamu penurun kolesterol.

Jamu adalah obat tradisional yang dibuat dari bahan-bahan alami tumbuhan seperti rimpang, daun-daunan, kulit batang, dan lain-lain. Namun, sebelum mencoba jamu apa pun, tanyakan kepada ahli atau profesional kesehatan untuk menentukan aman atau tidak untuk tubuh.

Lantas, apa saja bahan alami yang dapat digunakan untuk membuat jamu penurun kolesterol? Dihimpun dari berbagai sumber, simak ulasannya berikut ini.


Bahan Alami Jamu Penurun Kolesterol

1. Jahe

Jahe merupakan salah satu bahan yang biasa digunakan orang dalam berbagai makanan atau minuman. Selain itu, sebagian orang juga mengenalnya sebagai bahan ramuan jamu untuk membantu berbagai kondisi kesehatan, termasuk menurunkan kolesterol.

Mengutip Medical News Today, sebuah penelitian sistematis dilakukan pada 2018 dengan percobaan konsumsi ramuan jahe sebanyak 12 percobaan. Hasilnya menunjukkan bahwa jahe dosis rendah atau kurang dari 2 gr per hari memiliki efek yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL.

Namun, mereka juga memberikan catatan bahwa studi tambahan dengan kualitas lebih tinggi diperlukan untuk sepenuhnya membuktikan keefektifan ramuan jahe dalam menurunkan kolesterol tinggi.

2. Kunyit

Kunyit adalah bumbu yang telah digunakan selama ribuan tahun dalam pengobatan tradisional. Mengutip Times of India, bahan alami ini mengandung senyawa yang disebut kurkumin dan telah terbukti memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk mengurangi peradangan dan menurunkan kadar kolesterol.

Studi telah menemukan bahwa kandungan kunyit tersebut bisa membantu mengurangi kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan kolesterol HDL (kolesterol baik).

3. Kayu Manis

7 Bahan Jamu Penurun Kolesterol, Alami dan Manjur

Foto/Freepik

Kayu manis adalah jenis rempah yang berasal dari kulit bagian dalam spesies pohon seperti genus Cinnamomum. Mengutip laman Thorne, kayu manis memiliki antioksidan kuat dan sifat antiinflamasi yang bermanfaat bagi kesehatan jantung.

Pada sebuah penelitian terhadap 60 orang penderita diabetes tipe 2, satu setengah sendok teh kayu manis per hari selama 40 hari berkhasiat untuk menurunkan gula darah, trigliserida, kadar kolesterol LDL, hingga kolesterol total.


4. Bawang Putih

Berikutnya ada bawang putih. Umbi-umbian ini umumnya digunakan sebagai bahan masakan. Namun, bawang putih ternyata juga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol secara alami.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1309 seconds (0.1#10.140)