Cara Menurunkan Kolesterol dan Gula Darah dengan Jalan Kaki 15 Langkah

Rabu, 05 Juli 2023 - 22:15 WIB
loading...
Cara Menurunkan Kolesterol dan Gula Darah dengan Jalan Kaki 15 Langkah
Cara menurunkan kolesterol dan gula darah sangat beragam, salah satunya dengan jalan kaki sebanyak 15 langkah. Pentingnya olahraga tidak terbantahkan. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Cara menurunkan kolesterol dan gula darah sangat beragam, salah satunya dengan jalan kaki sebanyak 15 langkah. Pentingnya olahraga untuk kesehatan tubuh benar-benar tidak terbantahkan.

Menurut ahli, jalan kaki 15 langkah bisa menjadi cara menurunkan kolesterol dan gula darah yang mudah dilakukan. Hal ini bisa Anda masukkan ke dalam aktivitas sehari-hari.

Dilansir dari Express, Rabu (5/7/2023) satu studi baru-baru ini menunjukkan bahwa berdiri dan bergerak setiap 30 menit, bahkan hanya jalan kaki 15 langkah akan mengaktifkan perubahan metabolisme, menurunkan gula darah dan kadar kolesterol.

Jalan kaki 15 langkah mengaktifkan perubahan metabolisme pada otot dan jaringan lain. Termasuk hati, pembuluh darah, jaringan lemak, dan pankreas. Di mana sejumlah kecil aktivitas mengurangi peradangan di jaringan ini yang memfasilitasi fungsi metabolisme yang sehat.



Di sisi lain, para ahli juga menyebutkan bahwa jalan kaki bisa mengurangi peningkatan kadar insulin yang membantu mengontrol gula darah dan kadar kolesterol. Selain itu, 15 langkah sehari bisa menjadi awal yang baik, lantaran Anda akan berusaha untuk melakukan lebih banyak aktivitas fisik.

Selain itu, NHS merekomendasikan untuk melakukan setidaknya 150 menit aktivitas intensitas sedang, atau 75 menit aktivitas yang kuat, setiap minggu. Aktivitas ringan seperti pekerjaan rumah tangga, berkebun dan hanya berdiri sebanyak mungkin membantu menurunkan glukosa darah.

Berjalan dalam waktu 30 menit setelah makan atau mengonsumsi camilan adalah cara yang baik untuk mengurangi gula darah. Sementara itu, sebagian besar bentuk aktivitas aerobik dan kardiovaskular mengurangi gula darah dan kolesterol tinggi.

Namun sayang, banyak orang yang tak sadar akan pentingnya olahraga untuk kesehatan. Survei baru dari Deep Freeze dan Deep Heat Report yang disebut An Active Investigation menunjukkan banyak orang yang masih belum melakukan yang terbaik untuk kesehatannya.



Tiga perempat dari peserta menyadari bahwa mereka tidak cukup bergerak. Padahal, olahraga bisa dengan mudah dimasukkan ke dalam rutinitas sehari-hari.

“Kurangnya kesadaran akan manfaat kesehatan dari olahraga dan pedoman olahraga saat ini adalah masalah,” kata Fisioterapis Deep Heat dan Deep Freeze Sammy Margo.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1935 seconds (0.1#10.140)