7 Rempah Pereda Nyeri Asam Urat, Alami dan Banyak Tersedia di Sekitar Rumah

Kamis, 06 Juli 2023 - 17:12 WIB
loading...
7 Rempah Pereda Nyeri Asam Urat, Alami dan Banyak Tersedia di Sekitar Rumah
Terdapat sejumlah rempah pereda nyeri asam urat yang bisa dicoba. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah rempah pereda nyeri asam urat yang bisa dicoba. Tak perlu bingung mencari, karena sebagian besar cukup mudah didapatkan dan banyak tersedia di sekitar kita.

Menurut pengertiannya, asam urat merupakan bentuk kompleks dari radang sendi yang bisa menyerang seseorang. Gangguan kesehatan ini biasa muncul lewat serangan nyeri secara mendadak.

Guna mencegah ataupun meredakan nyeri akibat asam urat, ada beberapa jenis rempah alami yang dipercaya bisa membantu meringankannya. Berikut beberapa di antaranya, yang mungkin belum diketahui.


Rempah untuk Meredakan Asam Urat

1. Kunyit

Kunyit merupakan salah satu jenis rempah yang biasa digunakan dalam pengobatan tradisional. Mengutip laman Healthline, kunyit dipercaya memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Hal ini tak lepas dari kandungan kurkumin yang dimilikinya.

Pada 2016, sebuah studi menunjukkan bahwa kurkumin bisa membantu pengobatan terkait gejala radang sendi, termasuk asam urat. Pada penggunaannya, kunyit relatif aman dan bisa ditambahkan ke kari, sup, atau jenis olahan lain.

2. Daun Ketumbar

Daun ketumbar banyak digunakan dalam makanan. Namun, selain itu daun tersebut juga dikenal karena khasiatnya untuk obat, termasuk asam urat.

Selain kaya antioksidan, daun ketumbar juga memiliki khasiat antiinflamasi. Kegunaannya adalah untuk mengurangi radang sendi dan pembengkakan pada jari kaki.

Cara penggunaannya pun cukup mudah. Dalam hal ini, Anda bisa memasukkannya sebagai salah satu bahan makanan untuk olahan sederhana.

3. Jahe

Berbicara rempah dengan khasiat kesehatan, jahe tentu sangat populer dan umum digunakan. Dalam hal ini, jahe memang diklaim memiliki sejumlah manfaat kesehatan tubuh.

Mengutip Healthline, dari sekian banyak khasiat yang bisa diberikan jahe, salah satunya adalah untuk asam urat. Sebuah studi tahun 2011 menunjukan bahwa jahe cukup efektif untuk pengobatan asam urat dan kondisi peradangan lain.

Sama seperti kunyit dan daun ketumbar, penggunaan jahe juga cukup mudah. Anda bisa menambahkannya sebagai bahan makanan yang hendak dibuat untuk dikonsumsi.


4. Bawang Putih

Bawang putih juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati berbagai keluhan kesehatan, termasuk di antaranya asam urat. Selain mudah didapatkan, harganya pun relatif murah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2647 seconds (0.1#10.140)