5 Cara Antisipasi Risiko Luka Bakar di Rumah

Senin, 27 Juli 2020 - 21:03 WIB
loading...
5 Cara Antisipasi Risiko Luka Bakar di Rumah
Sebuah survei menunjukkan, 70% orang cenderung meninggalkan dapur tanpa pengawasan saat tengah memasak. Foto Ilustrasi/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Selama masa PSBB dan transisi new normal terjadi peningkatan kegiatan di rumah sebesar 10%. Tentu ada banyak dampak positif dari kegiatan yang dilakukan di rumah, namun tanpa disadari hal itu juga mengakibatkan peningkatan risiko cedera. Salah satunya cedera luka bakar.

Menyadari hal itu, PT Combiphar melalui siaran persnya berbagi tips serta cara menghindari risiko luka bakar, sekaligus pertolongan pertama saat terjadi luka bakar di rumah. Berikut ulasannya. ( )

1. Jangan tinggalkan kompor tanpa pengawasan. Ketika memasak, kadang ibu melakukan hal lain seperti harus menerima telepon atau mengurus keperluan anak yang membuat perhatiannya teralihkan. Pastikan kompor dalam keadaan padam. Sebuah survei menunjukkan bahwa 70% orang cenderung meninggalkan dapur tanpa pengawasan saat tengah memasak.

2. Periksa suhu air panas yang akan Anda gunakan, dan jangan biarkan anak-anak menyentuhnya sebelum Anda memastikan suhu air sudah tidak terlalu panas. Jika air harus dituangkan, gunakan tangan yang ajek agar tidak mudah tumpah.

3. Pasang pengaman pada outlet listrik dan jauhkan kabel listrik dari jangkauan. Pengaman pada outlet listrik dapat mencegah anak-anak memasukkan jari atau benda lain ke dalam outlet, hingga berpotensi menimbulkan sengatan listrik yang menyebabkan luka bakar. ( )

4. Matikan peralatan yang menghasilkan panas segera setelah digunakan. Kompor, setrika, dan catok rambut cenderung tetap panas untuk waktu yang lama, maka tetaplah berhati-hati saat menyentuhnya.

5. Siapkan obat luka bakar di rumah. Jika terjadi luka bakar ringan, bersihkan dengan air mengalir selama 10-20 menit dan segera oleskan obat luka bakar sebagai pertolongan pertama.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4386 seconds (0.1#10.140)