10 Cara Menurunkan Asam Urat Secara Alami, Cepat Atasi Nyeri Sendi

Kamis, 13 Juli 2023 - 05:00 WIB
loading...
10 Cara Menurunkan Asam Urat Secara Alami, Cepat Atasi Nyeri Sendi
Cara menurunkan asam urat secara alami bisa membantu cepat atasi nyeri sendi. Beberapa orang membutuhkan obat, tetapi perubahan gaya hidup juga dapat membantu. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Cara menurunkan asam urat secara alami bisa membantu cepat atasi nyeri sendi. Beberapa orang membutuhkan obat untuk mengobati asam urat, tetapi perubahan pola makan dan gaya hidup juga dapat membantu.

Menurunkan asam urat dapat mengurangi risiko kondisi tersebut dan bahkan dapat mencegah serangan nyeri sendiri yang menyakitkan. Namun, risiko asam urat tergantung pada beberapa faktor bukan hanya gaya hidup.

Di mana penyakit ini juga bisa terjadi pada mereka yang mengalami obesitas, pria dan memiliki kondisi kesehatan tertentu. Asam urat sendiri terjadi ketika kadar asam urat dalam darah terlalu tinggi menyebabkan kristal terbentuk di kaki dan sendi lainnya.

Cara Menurunkan Asam Urat Secara Alami



Berikut cara menurunkan asam urat secara alami dilansir dari Medical News Today, Kamis (13/7/2023).



1. Batasi Makanan Kaya Purin


Purin adalah senyawa yang terjadi secara alami pada beberapa makanan. Saat tubuh memecah purin, itu menghasilkan asam urat. Proses metabolisme makanan kaya purin menyebabkan produksi asam urat terlalu banyak, yang dapat menyebabkan asam urat.

Beberapa makanan bergizi mengandung purin dalam jumlah tinggi, yang mana penderita asam urat harus menguranginya. Makanan ini seperti daging rusa, ikan trout, ikan tuna, ikan haddock, ikan sarden, ikan teri, remis, ikan herring, alkohol, bacon, produk susu hingga daging sapi, dan jeroan.

2. Makan Makanan Rendah Purin


Makanan rendah purin bisa dikonsumsi untuk membantu menurunkan kadar asam urat. Beberapa makanan dengan kandungan purin rendah antara lain produk susu rendah lemak dan bebas lemak, selai kacang dan kebanyakan kacang, beberapa buah dan sayuran, kopi, nasi gandum, roti, dan kentang.

Meskipun perubahan pola makan saja tidak akan menghilangkan asam urat, tapi dapat membantu mencegah kekambuhan. Penting juga untuk dicatat bahwa tidak semua orang yang menderita asam urat makan makanan tinggi purin.

3. Hindari Obat yang Meningkatkan Kadar Asam Urat


Obat-obatan tertentu dapat meningkatkan kadar asam urat. Seperti obat diuretik, seperti furosemid (Lasix) dan hidroklorotiazid, obat yang menekan sistem kekebalan tubuh, terutama sebelum atau sesudah transplantasi organ, aspirin dosis rendah.

Obat yang meningkatkan kadar asam urat mungkin menawarkan manfaat kesehatan yang penting. Namun, Anda harus berbicara dengan dokter sebelum menghentikan atau mengganti obat apa pun.

4. Jaga Berat Badan


Mempertahankan berat badan sedang dapat membantu mengurangi risiko serangan asam urat, karena obesitas meningkat risiko asam urat. Para ahli merekomendasikan agar orang berfokus untuk melakukan perubahan jangka panjang dan berkelanjutan untuk mengatur berat badan mereka.

Seperti menjadi lebih aktif, mengonsumsi makanan seimbang, dan memilih makanan padat nutrisi. Mempertahankan berat badan sedang dapat membantu menurunkan kadar asam urat darah dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

5. Hindari Alkohol dan Minuman Manis


Mengonsumsi banyak alkohol dan minuman manis seperti soda dan jus buah manis berhubungan dengan peningkatan risiko asam urat. Alkohol dan minuman manis juga menambah kalori yang tidak perlu ke dalam makanan, berpotensi menyebabkan penambahan berat badan dan masalah metabolisme yang menyebabkan peningkatan kadar asam urat.



6. Minum Kopi


Penelitian yang dilakukan pada 2015 menunjukkan bahwa orang yang minum kopi lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami asam urat. Para penulis menyimpulkan bahwa ada hubungan antara minum kopi dan risiko asam urat yang lebih rendah.

7. Minum Vitamin C


Penelitian yang dirilis 2021 mencatat bahwa banyak penelitian sebelumnya menunjukkan korelasi positif antara asupan vitamin C dan kadar asam urat darah. Namun, tidak ada penelitian yang menemukan bukti konklusif bahwa vitamin C dapat mencegah atau mengurangi serangan asam urat.

8. Makan Ceri


Peneliti telah mempelajari ceri dan pengaruhnya terhadap asam urat selama beberapa tahun. Menurut studi yang dirilis pada 2019, para ilmuwan mencatat beberapa khasiat buah ini yang dapat membantu mengurangi peradangan. Namun, masih diperlukan penelitian tambahan.

9. Seimbangkan Insulin


Orang dengan asam urat berisiko tinggi mengalami diabetes. Menurut Arthritis Foundation, wanita dengan asam urat 71 persen lebih mungkin menderita diabetes tipe 2. Sedangkan pria 22 persen lebih mungkin.

Diabetes dan asam urat memiliki faktor risiko umum. Seperti kelebihan berat badan dan kolesterol tinggi. Studi yang dirilis pada 2015 menunjukkan bahwa memulai pengobatan insulin untuk penderita diabetes meningkatkan kadar asam urat darah.

10. Tambahkan Serat


Diet tinggi serat dapat membantu mengurangi kadar asam urat darah. Anda dapat menemukan serat dalam berbagai makanan, termasuk biji-bijian, buah, dan sayuran.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1949 seconds (0.1#10.140)